Laman

Sabtu, 08 Desember 2018

Momo Challenge Hoax ? - Tantangan Momo Hoaks ?

Momo Challenge (Tantangan Momo) adalah sebuah bentuk cyberbullying (imtimidasi/penindasan dunia maya) yang menyebar di media sosial dan aplikasi pesan istan (messenger) smartphone, terutama WhatsApp.


Tantangan ini berawal dari grup Facebook yang para anggotanya diajak berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal yang sebelumnya sudah dibagikan digrup Facebook tersebut. Sebelum memulai tantangan, peserta harus berkomunikasi dengan Momo melalui WhatsApp. Foto profil WhatsApp Momo menggunakan gambar seorang wanita yang menyeramkan dengan mata melotot. 


WhatsApp Momo tersebut kemudian melakukan broadcast berbagai gambar menakutkan dan foto-foto kekerasan. Momo juga memberikan serangkaian tantangan dalam beberapa hari, puncaknya pada level terakhir, yang mengharuskan peserta untuk melakukan aksi bunuh diri. 



Tantangan ini mengingatkan pada Blue Whale Challenge (Tantangan Paus Biru) yang viral tahun 2017, yang menyebabkan 130 korban tewas di Rusia. Blue Whale Challenge (Tantangan Paus Biru)m mengajakpara remaja untuk menyelesaikan tantangan dalam waktu 50 hari.

Momo adalah karakter boneka mengerikan karya seniman asal Jepang Midori Hayashi. Ia banyak membuat boneka berwajah bayi tetapi bentuk tubuhnya agak seram. Midori pernah menjalani perawatan intensif karena bayinya terancam lahir prematur. 



Dari pengalaman inilah Midori membuat boneka yang menggambarkan rapuhnya bayi. Meski demikian, Momo Challenge tidak ada hubungannya dengan Midori. Ada juga sumber lain yang mengatakan sosok Momo adalah karya perusahaan animasi & special effect Jepang Link Factory.

Fenomena Momo Challenge pertama kali diungkap oleh akun Twitter @siemensix1 pada bulan Juli tahun 2018. Karena penasaran dengan kisah Momo, pengguna akun @siemensix1 menggunakan WhatsApp untuk melakukan kontak dengan boneka horor itu. 



@siemensix1 menemukan tiga nomor yang bisa digunakan untuk menghubungi Momo. Namun, akun @siemensix1 memilih menutupi lengkap nomor Momo. 


Nomor itu menggunakan 3 nomor area dari 3 negara yang berbeda, yakni +57, +81, dan +52, yang merupakan kode nomor telepon dari negara Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Akun @siemensix1 berhasil melakukan kontak dengan nomor asal Meksiko. Momo akan membalas dalam bahasa Spanyol dan mengirimkan berbagai gambar aneh. Salah satu foto menurut @siemensix1 adalah gambar Momo yang merupakan perwujudan dari setengah manusia dengan tangan dan kaki terbentuk dari ayam.


Tantangan Momo Challenge ini diduga menjadi penyebab kematian seorang gadis berusia 12 tahun di Argentina. Gadis tersebut ditemukan tewas gantung diri di halaman belakang rumahnya di Ingeniero Maschwitz, sebuah kota berjarak 40 km dari Buenos Aires, Ibu Kota Argentina.



Berdasarkan investigasi kepolisian, dari smartphone gadis tersebut ditemukan sebuah rekaman video. Gadis itu merekam kegiatannya melalui ponselnya sebelum bunuh diri. Kepolisian mencurigai seseorang telah mendorongnya untuk merenggut nyawanya sendiri. 

Polisi mencari keberadaan remaja berusia 18 tahun yang diyakini berhubungan dengan korban melalui media sosial. Ponselnya telah diretas untuk menemukan rekaman dan pesan WhatsApp, dan sekarang orang yang bertukar pesan dengan korban sedang dicari.

Momo Challenge Hoax ?


Seorang Kreator animaai horor ; Ewing HD memiliki pendapat yang berbeda. Menurutnya, Momo Challenge ini hanyalah sebuah tantangan hoax yang tersebar di internet.


1. Tidak ada bukti interaksi nyata dengan Momo. Kemungkinan besar yang membalas chat dari kontak Momo ini hanyalah orang iseng yang berperan sebagai Momo.

2. Tidak ada bukti Challenge. Momo akan memberi tantangan pada pemain yang berani mengirimkan chat padanya. Momo pun disebut-sebut mengirimkan beberapa tantangan yang berbau kekerasan pada para pemain.

Namun, hal ini nyatanya belum terbukti karena tidak ada bentuk nyata challenge yang diberikan oleh Momo.

3. Bunuh diri akibat Momo Challenge. Banyak media yang memberitakan bahwa terdapat 12 orang yang meninggal bunuh diri akibat Momo Challenge.

Dari penelusuran yang dilakukan menggunakan 3 mesin pencari Google, Yahoo dan Bing, ternyata hanya ada satu kasus korban bunuh diri yaitu seorang anak berusia 12 tahun di Argentina. 


Referensi:

What is Momo Challenge? - The Indian Express

Risks Of Momo Challenge: What To Know About This Suicide Challenge 


Momo Challenge Makes 12-Year-Old From Argentina Commit Suicide - NDTV 


Momo WhatsApp ‘suicide challenge’ sparks warning to parents after mysterious death of 12 year old girl - The Sun 


Momo Challenge - Wikipedia 

Teror Momo, Jangan Pernah Balas Pesan WhatsApp Darinya - MalangTIMES.com 


Tewasnya Bocah 12 Tahun Ini Dikaitkan dengan Teror Momo Challenge - Detik News 


Viral "Momo Challenge" Renggut Nyawa Gadis 12 Tahun karena Bunuh Diri - Kompas.com 


Viral di Internet, Ini Bukti Momo Challenge Adalah Hoax - Brilio Net