Laman

Selasa, 08 September 2015

Yesus Kristus dalam Al Quran - NABI ISA Almasih/The Messiah Alaihisalam


KELAHIRAN

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia adalah termasuk orang-orang yang saleh." 



Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun.") 

Allah berfirman (dengan perantaran Malaikat Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya.Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: 
"Jadilah", lalu jadilah dia.
(Al Quran, Surah Al-‘Imran, 45-47)


Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam,& (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah & rasul-rasul- Nya & janganlah kamu mengatakan: "Tuhan itu tiga"
(4 An-Nisaa’, 171)

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak.
(19 Maryam, 35)

Dia tiada beranak dan tidak pula Diperanakkan; dan tidak ada seorangpunyang setara dengan Dia.
(112 Al-Ikhlash 3-4)


Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: 

"Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan.

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: 

"Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.
(19 Maryam, 22-26)




MUKJIZAT PERTAMA (Berbicara saat masih bayi, dalam buaian/ayunan)

Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya.

Kaumnya berkata: 
"Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina" 

maka Maryam menunjuk kepada anaknya, Mereka berkata: 

"Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?

"Lalu Berkata Isa:
"Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) & Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."
(19 Maryam, 27-33)


TAUHID 


Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman:

"Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia:"Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?."

Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)-nya yaitu: "Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu..."
(5 Al-Maa’idah 116-117)