Laman

Kamis, 01 November 2018

Cara Kerja dan Cara Membaca Black Box (Kotak Hitam) Pesawat


Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Black box juga dilengkapi perangkat yang dikenal sebagai Underwater Locator Beacon (ULB). Perangkat tersebut akan aktif segera setelah perekam bersentuhan dengan air dan dapat mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. Alat ini sangat berfungsi untuk membantu menemukan black box setelah kecelakaan pesawat yang terjadi di laut.
Black box hampir tidak bisa dihancurkan sama sekali. Peneliti telah mencoba menghancurkannya dalam api dengan suhu 1,100 derajat Celcius dan menenggelamkan ke dalam tangki air garam bertekanan, serta mencelupkan ke dalam bahan bakar jet. Namun, usaha tersebut gagal semua.


Black box pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan muda Australia bernama Dr. David WarrenSaat Warren bekerja di Laboratorium Penelitian Aeronautika di Melbourne pada pertengahan 1950-an ia terlibat dalam penyelidikan kecelakaan seputar kecelakaan misterius pesawat komersial bertenaga jet pertama di dunia, Comet.


Menyadari bahwa akan berguna bagi penyelidik jika ada rekaman tentang apa yang terjadi di pesawat tepat sebelum kecelakaan itu, dia kemudian bekerja membuat perekam data penerbangan dasar. Australia menjadi negara pertama di dunia yang membuat black box dan yang kemudian mewajibkan untuk semua pesawat komersial.

Black box terdiri dari dua jenis; Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR). 





Cockpit Voice Recorder (CVR)
Perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder) biasanya terletak di bagian ekor pesawat.Black box berfungsi untuk mencatat apa yang dikatakan kru dan memonitor setiap suara yang terjadi di dalam kokpit. Percakapan antara pilot yang berlangsung tepat sebelum pesawat rusak atau sebelum terjadi ledakan akan membantu peneliti. 


Durasi Perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder) adalah 30 menit. Maksudnya setiap 30 menit data percakapan akan terhapus dan diganti dengan yang baru secara otomatis. Perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder) juga sangat penting untuk menentukan waktu kejadian karena berisi informasi seperti komunikasi antara kru dengan kontrol darat dan pesawat lainnya.


Flight Data Recorder (FDR)
Flight Data Recorder (FDR) adalah perangkat yang merekam data-data atau parameter seperti posisi ketinggian pesawat, kecepatan angin, kecepatan pesawat, dan arah tujuan pesawat. Data ini juga dilengkapi dengan informasi waktu, misalnya, kecepatan pesawat 455 km/jam pada pada 10:15:35.


FDR dapat merekam hingga 25 jam. Namun seiring perkembangan teknologi, sejumlah FDR digital kini dapat merekam bahkan hingga lebih dari 100 jam dengan kecepatan 64 kata/detik.

Data yang didapat dari FDR nantinya akan diterjemahkan ke dalam format yang dapat dipahami. Selanjutnya, dengan data ini dapat dibuat video animasi atau visualisasi dari penerbangan tersebut, dan saat-saat terakhir sebelum pesawat mengalami kecelakaan.

Bagaimana Membaca Black Box?
Tidak sembarang orang bisa mengakses data black box. Bahkan pilot pun tidak boleh mengaksesnya. Demikian halnya dengan orang KNKT pun tidak boleh asal. 


Data yang diperoleh dari rekaman atau memori black box lantas ditampilkan dalam bentuk grafik maupun transkrip apabila data tersebut berupa percakapan. Kemudian data bisa divisualkan dengan animasi melalui software, yang seperti Insight View. Dengan demikian bisa diperkirakan posisi pesawat terakhir sebelum kecelakaan.


Kalau download datanya paling satu jam. Tapi yang lama adalah analisisnya. Tidak bisa dipatok karena harus seteliti mungkin. Tergantung kerumitan pesawat juga, kan pesawat juga macam-macam. Ada yang sederhana, ada yang modern. Kalau makin modern akan lebih banyak parameter yang direkam dan harus dibaca. Tapi ada standar pada dasarnya.




Membaca kotak hitam ini, bukan tanpa kesulitan. Jenis pesawat yang berbeda-beda memiliki konfigurasi kotak hitam yang berbeda-beda pula. Misal kita analisa punya Boeing, ya kita harus pakai software dan data base Boeing. Jadi kita harus kontak pabrikan Boeing.



Referensi :

Detik News - Ini Penampakan Bagian-bagian Black Box dan Cara Membacanya

Tirto.id - Mengenal Black Box, Kotak Hitam Perekam Penyebab Kecelakaan Pesawat

Wikipedia - Kotak Hitam

Rimanews.com - Misteri Kotak Hitam