Laman

Sabtu, 22 Agustus 2015

Agama Para Nabi Dan Rasul - Apakah Agama Dari Para Nabi Dan Rasul ? Apakah Setiap Nabi & Rasul diutus Membawa Agama Baru ?

Apakah Agama Dari Para Nabi Dan Rasul ?




Apakah Agama Dari Para Nabi Dan Rasul ? Apakah Setiap Nabi & Rasul diutus Membawa Agama Baru ?

Setiap muslim wajib meyakini bahwa Allah tidak menurunkan agama sejak diciptakannya langit dan bumi hingga hari kiamat kecuali hanya satu saja, yaitu agama Islam.
Allah Ta’ala berirman:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَام

Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)


وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِيالْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِين

"Barang siapa mencari agama selain agama Islam,maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." (QS. Ali Imran: 85)



Konsep Ketuhanan Islam
Islam secara etimologi adalah menyerahkan diri, tunduk dan patuh serta taat. definisi terminologi Islam dalah menyerahkan diri pada Allah dengan tauhid, tunduk dan patuh dengan ketaatan serta terbebas dari kesyirikkan.
Definisi terse dapat memberikan pengertian pada kita bahwa hakikat agama Islam adalah peneyerahan diri sepenuhnya kepada Allah Swt sebagaimana ayat yang sering kita baca dalam shalat:

قل إن صلاتي ونسكي ومحيايا ومماتي لله رب العالمين لا شريك له وبذلك أمرت أول المسلين

"Katakanlah hai Muhamad sesungguhnya shalatku, ibadah hajiku, hidup dan matiku adalah bagi Allah Robb semesta alam tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan ini aku diperintahkan menjadi seorang muslim"


Hakikat agama para Nabi dan Rasul dari mulai Adam Alaihisalam hingga Muhamad Saw. Penyebutan dan penamaan mereka dengan kata-kata muslim dapat dijumpai diberbagai surat dalam Al-Qur'an, alah satunya adalah:

وما جعل عليكم في الدين من حرج ملة أبيكم إبراهيم هو سمكم المسلمين من قبل وفي هذا ليكون الرسول شهيدا عليكم وتكونوا شهداء على الناس

"Dan tidaklah Allah menjadikan agama kalian susah payah yaitu agama nenek moyang kalian Ibrahim, Dia-lah DzatAllah yang menamakan orang-orang muslim sebelum kalian".
( Qs.Al Haj(22):78)

Seluruh Nabi Mengajarkan Tauhid (Satu Allah, Keesaan Tuhan)

Seluruh Nabi Yang diutus Allah SWT adalah membawa Risalah Tauhid yaitu hanya berserah diri kepada Satu Allah, Keesaan Tuhan, tidak beranak dan tidak diperanakan.

Allah Swt berfirman:

قل هو الله أحد ألله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد

Dia-lah Dzat Allah yang Esa, Dzat yang tidak melahirkan dan dilahirkan dan tidak ada yang seperti dengan-Nya".

ولقد بعثنا في كل أمة رسولا أن اعبدوا الله واجتنبوا الطاغوط

Artinya:"Dan kami telah mengutus bagi setiap umat seorang Rasul dimana merekaberseru:"Beribadahlah kalian pada Allah dan jauhilah thaghut".(Qs.An Nahl(16):36)

Allah Swt membantah pengakuan dan tuduhan padaorang-orang Yahudi dan Nasrani bahwa salah satu utusan-Nya bagian dari merekadan menjelaskan pada mereka bahwa Ia adalah seorang muslim dan tidak pernah mempersekutukan Allah Swt dengan sesuatu apapun.

ما كان إبراهيم يهوديا ولا نصرانيا ولكن كان حنيفا مسلما وما كان من المشركين

Tidaklah Ibrahim itu Yahudi dan Nasrani akan tetapi dialah orang yang lurus dan muslim dan bukanlah dari orang-orang musrik".(Qs Ali Imran(3):67)


Nabi yang berasal dari Bani Israel mengajarkan hanya menyembah kepada satu Tuhan. Namun karena adanya pihak yang menyelewengkan, maka ada yang menganggap salah seorang Nabi & Rasul adalah anak Tuhan, bahkan menganggapnya Tuhan.

Tauhid Nabi Musa
(Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39)

Tauhid Nabi Daud
(II Samuel 7:22, Mazmur 86:8)

Tauhid Nabi Sulaiman
(I Raja-raja 8:23)

Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9)

Tauhid Yesus 


Ajaran Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3)

Yesus lebih kecil daripada Tuhan (Yohanes 10:29)
 

Tuhan lebih besar dari pada Yesus (Yohanes 14:28).
 

Hanya Allah, Tuhan YME  tahu kapan datangnya kiamat, sedang Yesus tidak tahu (Matius 24:36)
 

Yesus bersyukur kepada Tuhan (Matiusll:25, Lukas 10:21)
 

Yesus berteriak memanggil Tuhan (Matius 27:46, Markus 15:34)
 

Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul Allah)  Markus 9:37, Yohanes 5:24, 30,7:29,33,8:16,18,26,9:4,10:36,II:42,13:20,16:5, 17:3,8,23,25.
 

Yesus Menolak Ajaran Penebusan dosa
(Yehezkiel 18:20, Ulangan 24:16, Matius 16:27, Yeremia 31:29-30, II Tawarikh 25:4)


Ibadah dan Syariat
Allah Swt telah menjelaskan bahwa setiap para Nabi dan Rasul yang di utus-Nya, semuanya menyerukan untuk beribadah pada Allah semata, adapun cara dan bagaimana bentuk peribadatan itu sesuai dengan risalah yang dibawakan oleh Nabi tersebut.


ولقد بعثنا في كل أمة رسولا أن اعبدوا الله واجتنبوا الطاغوط
 

"Dan kami telah mengutus bagi setiap umat seorang Rasul dimana merekaberseru:"Beribadahlah kalian pada Allah dan jauhilah thaghut".(Qs.An Nahl(16):36)

Allah Swt menjelaskan lebih tentang syariat yang dibawa setiap Nabi dan Rasul sebagimana firman-Nya.

لكل جعلنا منكم شرعة ومنهاجا ولوشاء الله لجعلكم أمة واحدا ولكن ليبلوكم في ما آتاكم فالستبقوا الخيرات


"Kami telah jadikan bagi tiap-tiap kalian sya'riat dan jalan, seandainya Allah berkehendak tentu akan menjadikan kalianumat yang satu akan tetapi untuk mencoba kalian maka berlomba-lombalah menuju kebaikan."
( Qs. Al Maidah(4):48)


Ibnu Abbas radiyallahuanhu berkata: yang dimaksud syari'at dan minhaj adalah jalan dan sunnah.Imam Bukhari meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah radiyallahuanhu bahwasannya Rasulullah Saw bersabda:

نحن معاشر الأنبياء إخوة لعلات ديننتا واحد

Kami semua para nabi bersaudara dan agama kami satu".Dalam hadits yang lain (HR. Bukhari-Muslim)


Rasulullah Saw mengungkapkan bahwa para Nabi dan Rasul, bahwa mereka itu satu bapak yang lahir dari Ibu yang berbeda-beda artinya adalah bahwa mereka itu membawa satu ajaran agama yaitu Tauhidullah atau mengesakan Allah akan tetapi memiliki syari'at yang berbeda-beda seperti ibadah, perintah dan larangan, penghalalan dan pengharaman dan lain sebagainya.

Rusaknya Kitab Terdahulu
Kerancuan Taurat, Buku ini banyak mengkritisi keterangan-keterangan yang terdapat di dalam Taurat, karena seringkali mengandung kerancuan yang akut.Misalnya, perjalanan Ibrahim a.s ke Hijaz sama sekali tidak diakui penulis Taurat. Malahan, Taurat menyebu tbahwa Ibrahim mengusir Hajar dan Isma’il. Ia hanya memberi mereka bekal, lalu menyuruh keduanya pergi. Padahal keterangan ini, menurut al-Badrawi sangat rancu .

Kerancuan lainnya adalah keterangan Taurat tentang Hajar yang diperintahkan malaikat untuk mengangkatputranya, Ismail, padahal putranya sudah berusia 16 tahun.Buku ini juga mengungkap keterangan dusta para penulis Taurat tentang Nabi Luth a.s., keponakan Ibrahim a.s. 

Dalam Kitab Kejadian Pasal 19 diterangkan bahwa dua putri Luth a.s. memberi minuman anggur kepada Nabi Lutha.s. Maka Nabi Luth a.s. menjadi lupa diri, sehingga Nabi Luth berhubungan badan dengan kedua putrinya itu. 

Kemudian kedua putri Nabi Luth itu hamil. “Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapak orang Moab yang sekarang. Yang lebih muda pun melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ben-Ami; dialah bapak bani Amon sekarang.”(184)

Kesimpulan:
Seluruh nabi sebelum Nabi Muhammad SAW membawa agama yang sama, yakni agama tauhid dan agama tauhid itu adalah Islam. Dan agama yang di bawa Nabi Muhammad itu adalah sama dengan agama Nabi Ibrahim. (al-An’am: 161-163).


ياأهل الكتاب تعالوا إلى كلمة سواء بيننا وبينكم ألا نعبد إلا الله ولا نشرك به شيئا ولا يتخذ بعضنا بعض أربابا من دون الله فإن تولوا فقولوا اشهدوا بأن مسلمون

Wahai ahli kitab marilah kalian menuju satu kalimat yang sama diantara kita yaitu tidak menyembah selain Allah serta tidak mempersekutukan-Nya denganapapun, dan tidak boleh diantara kita menjadikan tuhan yang disembah selain Allah swt, bilamana kalian mau maka katakanlah oleh kalian kami bersaksi bahwa kami orang-orang muslim". (Qs.Ali Imran(3):64)


Sumber:
Muslim Media News.com 
VOA (Voice Of Islam)