Laman

Kamis, 11 Juni 2015

Dua Gerhana Terjadi Berturut Turut di Bulan Ramadhan - Jelang Kedatangan Imam Mahdi


Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Al Quran - Surah Al-Araaf: 187)



"Sebelum kemunculan Imam Mahdi, akan berlaku secara berturut-turut 2 gerhana pada bulan Ramadhan.." (Ibn Hajar Al haitami, Al Qaul Al Mukhtasar fi 'alamat Al mahdi Al Muntazar) 


Akan ada dua gerhana matahari di bulan Ramadhan sebelum kedatangan Al Mahdi." (Mukhtasar Tazkirah Qurtubi) 


"Telah sampai kepadaku bahwa sebelum Al Mahdi datang, bulan akan gerhana dua kali di bulan Ramadhan." (Diriwayatkan oleh by Abu Nu'aym dalam al-Fitan)"Gerhana matahari di pertengahan bulan Ramadhan dan gerhana bulan di akhirnya." (Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi Alamat al-Mahdi Akhir al-zaman, hal. 37).


Menurut berbagai data, hingga detik ini, gerhana Bulan dan gerhana Matahari sudah terjadi pada bulan Ramadhan pada tahun 1981 dan 1982. Seperti yang diriwayatkan Hadist Shahih diatas.

Telah  terjadi dua gerhana pada bulan Ramadhan ini, iaitu pada 9 November 2003 telah terjadi gerhana bulan total (Total Lunar Eclipse).  Sedangkan pada tanggal 23 November telah terjadi gerhana matahari total (Total Solar Eclipse).  Data NASA:

F. Espenak, NASA/GSFC-Tue, 1999 Jun 01 de, Total Lunar Eclipse of 2003 Nov 09.
F. Espenak, NASA/GSFC, Thu, 1999 May 27 Total Solar Eclipse of 2003 Nov 23.  


Sebagaimana di khabarkan dalam hadits merupakan tanda sudah dekatnya masa akhir zaman. Namun, peristiwa gerhana tersebut bagi kebanyakan orang barangkali dianggap kejadian alamiah biasa. Walaupun diakui oleh para pakar astronomi, bahawa kejadian dua gerhana dalam satu bulan itu adalah perkara besar yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah. Sayangnya, peristiwa alam yang sangat aneh itu jarang menyadarkan mereka untuk sampai kepada keimanan kepada firman Allah SWT

Tentu saja, bila kita ingin selamat, maka kita harus merujuk kepada panduan Rasulullah SAW, yakni berpegang teguh dengan sunnahnya sekaligus bererti menghentikan segala bentuk kemaksiatan dan meningkatkan taqarrub ilallah (ibadah kepada-Nya). Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selamat. Wallahu a’lam.