Laman

Kamis, 12 Maret 2015

Fenomena Akun Anonim di Twitter

Disebut anonim karena tidak bisa dikenali siapa orang atau admin di belakang & yang mengelola akun tersebut. Ditambah pula banyak akun-akun tersebut yang memakai nama atau istilah yang merujuk pada sebuah substansi tertentu. misal: @Negeri_Galau dll.


 Hal ini sangat mungkin terjadi di ranah twitland yang amat sangat liberal ini. Jika yang dimaksud akun anonim adalah akun-akun yang namanya tidak jelas dan isi twitnya sering kritis atau bahkan menebar fitnah, membentuk sebuah opini, untuk pencitraan atau menjegal lawan, untuk kepentingan tertentu. Ada juga akun bayaran bahkan digunakan untuk memeras. Menyembunyikan identitas karena tak ingin dikenal. Tendensi ini aneh, karena substansi media sosial adalah untuk bersosialisasi, memperkenalkan diri agar mengenal dan dikenal orang lain. Tapi mengapa malah disembunyikan? Terus untuk apa bikin akun? Terkenal juga tidak. Tapi tak apalah, twitterland adalah negeri bebas. Ya kalau tidak suka tinggal unfollow, kalau dirasa membahayakan bisa Report As Spam atau di Block, Walau kadang masih muncul juga sih dari hasil retweetan following kita. 

Point saya, di Twitter siapapun bisa bersuara apapun kapanpun dan setiap orang bisa bebas menilai. Jika tidak setujudengan isi suatu twit silahkan utarakan pendapatnya. Jika ada twit fitnah, segera twit klarifikasinya. Jika ada twit yang salah atau keliru, silahkan twit yang benarnya. Argumen dibalas dengan argumen. Jika tidak suka dengan akun tertentu maka jangan di-follow atau segeralah lakukan unfollow. Dan jika suatu akun cukup keterlaluan menyebalkan, silahkan block atau 'report as spam. Berdiplomasi secara virtual di dunia maya ini sebenarnya menyenangkan. Spirit social media adalah pengaruh dan sugesti.Dan bagi beberapa akun hal ini mampu dimanfaatkan, untuk kepentingan positif maupun negatif. Tapi pengguna sosial media bukan anda saja, hargai sesama pengguna, karena tidak semua orang yang menyukai posting & kicauan kita. Berhati-hatilah dalam memposting, gunakan bahasa yang sesuai dengan norma & aturan hukum, karena sudah banyak netizen yang harus berurusan dengan hukum, jadi pesakitan di meja hijau bahkan ada yang berakhir di penjara.