Laman

Senin, 17 Juni 2019

Terjawab, Penyebab Serangan Stroke Saat Jatuh Di Kamar Mandi

Ada dua kemungkinan seseorang tidak sadarkan diri hingga terjatuh di kamar mandi. Salah satunya adalah terjatuh kemudian terbentur dan tak sadarkan diri. Kebanyakan orang yang tidak sadarkan diri kemudian jatuh di kamar mandi secara mendadak bisa jadi karena mengalami serangan stroke.

Tapi yang paling banyak, kalau di kamar mandi adalah orang tersebut tidak sadar dulu kemudian jatuh dan orang yang tidak sadar mendadak itu kemungkinan juga karena stroke. Terjatuh bisa berbahaya karena memicu kerusakan pembuluh darah di otak, sehingga berisiko stroke dan kematian.

Ilustrasi (Foto: Sripoku.com)
Perlu diketahui, terpeleset di kamar mandi tidak memicu stroke. Namun orang yang memiliki risiko jatuh yang tinggi juga sering kali memiliki faktor risiko stroke. Terpeleset di kamar mandi memang dapat berbahaya, namun tidak memiliki hubungan secara langsung dengan stroke.

Stroke merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah di otak mengalami penyumbatan (stroke iskemik) dan pecahnya atau pembuluh darah (stroke hemoragik) yang menuju ke otak. Sehingga fungsi otak akan berkurang bahkan dapat menghentikan suplai oksigen sehingga menjadi rusak, dan bahkan tidak akan berfungsi sebagaiman mestinya, akibatnya terjadi kematian sebagain sel saraf, sehingga akan timbul beberapa macam gejala stroke seperti wajah atau anggota badan lumpuh sebalah, bicara menjadi tidak jelas atau cadel, dan jika sudah dalam tahap yang serius stroke dapat mengakibatkan penderitanya mengalami koma bahkan dapat mengancam jiwa penderitanya.

Kondisi awal stroke disebut dengan golden period. Masa golden period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke bila langsung ditangani dengan benar. Perlu diingat bahwa stroke merupakan kondisi gawat darurat medis yang harus segera dikenali dan ditangani. Gejala stroke sebagai berikut:

  • Mati rasa atau adanya sensasi abnormal pada lengan, tungkai atau salah satu bagian tubuh.
  • Kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh, biasanya pada lengan dan tungkai.
  • Hilangnya sebagian penglihatan atau pendengaran.
  • Penglihatan ganda.
  • Pusing.
  • Sulit memikirkan atau mengucapkan kata-kata yang tepat
  • Tidak mampu mengenali bagian dari tubuh.
  • Pergerakan yang tidak biasa
  • Hilangnya pengendalian terhadap kandung kemih.
  • Tubuh kehilangan keseimbangan.
  • Pingsan. 

Serangan Stroke (Foto: IndiaMART.com)
Salah satu gejala stroke di atas adalah hilangnya keseimbangan tubuh. Hal inilah yang menjadi rumor yang beredar di masyarakat,  bahwa stroke bisa disebabkan oleh jatuh di kamar mandi.


Mitos Serangan Stroke di Kamar Mandi

Pasien sebenarnya bukan terkena stroke karena terjatuh di kamar mandi. Tapi, justru dia terkena stroke dahulu, dan akhirnya jatuh.

Selain itu, ada pula mitos yang beredar bahwa "mengguyur air dingin langsung ke kepala di pagi hari menyebabkan stroke." Padahal, hal ini cuma mitos.

Sejauh ini belum ada penelitian dan bukti ilmiah bahwa "mengguyur air dingin langsung ke kepala di pagi hari menyebabkan stroke." Karena mengguyur air ke kepala di pagi atau pun malam hari dengan air dingin tidak akan menyebabkan perubahan suhu tubuh secara drastis & signifikan yang rentan menimbulkan serangan stroke.

Umumnya kasus serangan stroke terjadi di pagi hari (Morning Surge). Karena, tubuh seakan memiliki saklar yang mengatur naik atau turunnya tekanan darah. Nah, pada pagi hari, tubuh memang otomatis meningkatkan tekanan darah. Dan di pagi hari inilah biasanya orang beraktivitas di kamar mandi.

Stroke (Foto: Istimewa) 
Tekanan darah setiap orang akan selalu berubah-ubah. Polanya akan mulai tinggi pada pagi hingga siang hari kemudian mencapai puncaknya pada sore dan kemudian kembali turun pada malam hari.

Pola perubahan tekanan darah ini sangat berkaitan dengan jam biologis tubuh alias ritme sirkadian. Jam biologis tubuh mengatur kerja setiap organ tubuh manusia berdasarkan jadwal tertentu dalam rentang waktu 24 jam atau satu hari. Tekanan darah dikatakan normal bila berada di bawah 120/80 mm Hg.

Hipertensi (Foto: KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA) 
Morning Surge menjadi penyebab utama stroke atau serangan jantung mendadak di pagi hari para pasien hipertensi. Apalagi jika pada malam atau sore hari tekanan darah normal. Semakin lebar perbedaan tekanan darah pada kedua kondisi tersebut, semakin tinggi pula risiko stroke.

Tingginya tekanan darah pada pagi hari terjadi karena adanya hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh pada pagi dini hari antara pukul 1 hingga 6 pagi. Jika hormon kortisol tersebut mendominasi, maka akan meningkatkan tekanan darah pada pagi hari. Hormon ini dikenal secara luas sebagai hormon stress karena diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stress, baik fisik maupun emosional.

Hormon Stres (Foto: Twitter @meetdoctorcom) 
Sebanyak 70-80 persen kasus stroke disebabkan sumbatan yang menghalangi aliran darah ke otak. Untuk kasus sumbatan bisa diatasi dengan pemberian obat, yang sebetulnya tidak perlu teknologi canggih. Yang penting punya CT Scan dan tim penanganan stroke dengan dokter dari kompetensi yang mendukung, misal ahli saraf.

Serangan stroke belum tentu menimbulkan kecacatan, bahkan dalam beberapa kasus bisa sembuh. Menurut dr Musyid secara umum 1/3 pasien stroke bisa kembali pulih tanpa cacat, 1/3 lainnya sembuh dengan cacat, dan sisanya tidak tertangani misal meninggal.

Kesembuhan dan pencegahan disabilitas pada pasien stroke bergantung pada kecepatan serta ketepatan penanganan. Asal masih dalam golden periode selama 4,5 jam sejak serangan pertama hingga dapat penanganan, maka peluang pulih masih besar.

Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan dengan baik dan hindari beberapa hal yang dapat memicu masalah pada kesehatan mulai dari gaya hidup serta pola makan yang sehat dan baik, agar masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi yang dapat menimbulkan stroke dapat kita hindari. Karena jika stroke sudah menyerang maka sangat sulit dan membutuhkan waktu lama untuk kembali normal seperti semula. Mulailah melakukan pengecekan kesehatan seperti mengecek tekanan darah atau berkonsultasi dengan dokter.



Referensi:

Kaitan Stroke dan Jatuh di Kamar Mandi
detikHealth

Benarkah Jatuh di Kamar Mandi Bisa Picu Stroke?
klikdokter.com

Kenapa Serangan Stroke Sering Terjadi di Kamar Mandi?
FIMELA.com

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?
helloSEHAT.com

Hipertensi: Waspada Morning Surge, Cek Efek dan Solusinya
TEMPO.co

Pengaruh Tekanan Darah Tinggi Pada Penyakit Stroke
kumparanNEWS

5 Fakta Stroke yang Penting Diketahui
detikHealth