Laman

Senin, 17 Juni 2019

Cara Alami Mengatasi Insomnia Tampa Obat

Tuhan memberikan manusia untuk tidur, guna memulihkan kesegaran, kebugaran, regenerasi sel dan tumbuh kembang berbagai organ dalam tubuh. Jika mekanisme Tuhan tersebut tidak erjalan dengan baik, berati ada sesuatu yang tidak benar atau terganggu.

Secara umum, Insomnia adala adalah masalah atau gangguan pada tidur. Penderita insomnia mengalami susah tidur meskpun ada kesempatan dan kondisiyang cukup dan diikuti dengan gangguan fungsional, seperti mengantuk atau tidak fokus dan menurunnya konsenterasi ketika melakukan aktivitas di siang hari.


Penyebab Insomnia:
  1. Jetlag
  2. Kebiasaan pola tidur yang tidak teratur.
  3. Penggantian suasana/kondisi tidur.
  4. Konsumsi obat-obatan, kafein alkohol, ekstasi.
  5. Penyakit (gejala) paru,kanker, jantung, diabetes dan lain-lain.


Cara alami Mengatasi Insomnia Tampa Obat
  1. Makan makanan yang kaya dengan kandungan Asam Tritophan (seperti pisang,). Triptophan adalah  bahan pembuat hormon Serotonim dan Melatonin yang menyebabkan kantuk dan membuat tidur menjadi lelap.
  2. Olahraga teratur dapat menjaga kebugaran tubuh, dapat mengurangi sters, memicu rasa lelah & capek yang mendorong untuk mengantuk dan tidur.
  3. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, minum terakhir 1 (satu) jam jam sebelum tidur.
  4. Paparan sinar matahari di ruang terbuka di pagi hari (dibawah jam 10.00 pagi) membantu tubuh untuk memproduksi Melatonin, yang membuat tidur nyenyak dan memperbaiki mood.

Hal yang wajib dihindari sebelum tidur:
  1. Jangan mengkonsumsi kopi, teh, apalagi alkohol
  2. Jangan membaca atau menonton sesuatu yang menenganggkan (horor)
  3. Hindari penggunaan gadget dan akses internet. Matikan semua notifikasi pada smartphone. Jika dalam keadaan/kondisi tertentu anda terpaksa menggunakan smartphone, sebaiknya  gunakan aplikasi  blue filter yang memuat layar menjadi redup & mengurangi paparan sinar biru yang berasal dari layar smartphone.
  4. Jangan lupa berdoa atau melaksanakan ibadah (seperti sholat, membaca kitab suci dan lain-lain), agar hati, perasaan dan mood menjadi tenang, sehingga anda dapat tidur dengan lelap.



Referensi: 

BAT-MAN IS Bad
"Melihat dari dua sisi"
Grow - www.growithim.org