Laman

Senin, 01 Juni 2020

Monowi Nebraska - Kota Berpenduduk 1 Orang

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, kota ini memiliki populasi 1 orang.


Monowi Nebraska adalah sebuah kota kecil berbadan hukum, di Boyd County, Nebraska, Amerika Serikat. Tahun 1930, kota ini memiliki populasi mencapai 150 orang.

Kota Monowi tahun 1968
Seperti komunitas kecil lainnya di dataran luas, tempat itu harus kehilangan banyak generasi mudanya karena harus pergi ke kota untuk mencari pengalaman dan karir yang lebih baik. Kantor pos, tiga toko bahan kelontong berhenti beroperasi antara 1967 hingga 1970. Dan pada 1974 satu-satunya sekolah di Monowi juga ditutup.

Monowi Nebraska Map
Selama sensus tahun 2000, kota ini punya total populasi sebanyak 2 orang, hanya sepasang suami istri bernama Rudy dan Elsie Eiler. Rudy meninggal pada tahun 2004, meninggalkan istrinya sebagai satu-satunya penduduk di sana.


Saat suami Elsie, Rudy meninggal dunia pada 2004, dia tak hanya mewariskan sebuah restoran untuk istrinya, tetapi dia mewariskan seluruh kota Monowi. Menurut badan sensus Amerika Serikat, Monowi adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat yang tercatat hanya memiliki satu orang penduduk.


Akhirnya Elsie berperan sebagai walikota, mengadakan lisensi minuman keras untuk dirinya dan membayar pajak untuk dirinya sendiri. Dia diwajibkan untuk membuat rencana jalan kota setiap tahun untuk mendapatkan dana negara untuk empat lampu jalan di desa tersebut.

Elsie bukan hanya warga, tetapi dia juga adalah wali kota, pegawai, bendahara, pustakawan, penjaga bar, dan satu-satunya orang yang tinggal di kota kecil itu. Sebagai satu-satunya warga kota Monowi, Elsie selalu memasang pemberitahuan di satu-satunya tempat usaha di kota itu, bar miliknya. Dia mengumumkan pemilihan wali kota dan lalu perempuan itu memilih dirinya sendiri.

Dari mana Elsie mendapatkan pajak kota? Tentu dari kantongnya sendiri. Agar tetap mendapatkan anggaran dari negara bagian, Elsie harus membuat rencana tahunan dan mengumpulkan pajak sebesar 500 dolar per tahun agar lampu dan air bersih tetap beroperasi di kota itu.

Elsie juga tetap mencatat daftar tempat tinggal yang kosong, sebagai antisipasi jika ada seseorang yang ingin pindah ke salah satu bangunan di kota itu sekaligus menambah jumlah penduduknya.

Para pelanggan bar dan restoran milik Elsie adalah mereka yang tinggal dalam jarak 30-48 kilometer dari Monowi yang sudah lama dia kenal. Namun, tak jarang tamunya berasal dari kota Lincoln dan Omaha yang berjarak lebih dari 300 kilometer hanya untuk menengok Elsie.




Referensi:

Kisah Monowi, Kota di AS dengan Penduduk Hanya Satu Orang
Kompas.com

9 Tempat yang Dianggap Paling Aneh di Seluruh Dunia dan Faktanya
IDN Times