Laman

Rabu, 27 Mei 2020

Minum Es Semakin Membuat Haus, Air Hangat Justru Lebih Cepat Hilangkan Haus

Air dapat terserap lebih cepat jika memiliki suhu yang sama dengan suhu tubuh. Karena itu jika minum es, penyerapan berjalan lebih lambat dan rasa haus terasa lebih lama.

Image: naukrinama.com
Air dingin yang diminum perlu waktu untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh. Butuh waktu lebih hingga diserap ke darah. Ketika minum air dingin atau air es, tubuh bekerja lebih keras untuk menetralkan suhu air. Alangkah baiknya saat haus, lebih baik minum air hangat.

Hal tersebut berdasarkan dari banyak hasil studi dan penelitian, salah satunya yang dilakukan oleh Universitas Ottawa menyatakan minuman hangat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kestabilan suhu di dalam tubuh.

Sistem penginderaan yang berada di dalam mulut, tenggorokkan, dan perut dapat memicu keluarnya keringat ketika seseorang mengonsumsi cairan panas. Namun uniknya, suhu di dalam tubuh tetap seimbang bahkan mengalami penurunan. Untuk menurunkan suhu tubuh, keringat yang dikeluarkan harus sepenuhnya menguap sehingga menghasilkan efek pendinginan.

Meminum air dingin justru menghasilkan respon yang berlawanan , meski keringat yang dikeluarkan tidak sebanyak ketika meminum air panas. Meminum air dingin yang berlebihan juga dipercaya dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan batuk .

Saat haus, anjuran minum paling tepat adalah air putih. Namun jika rasa haus terjadi saat berolahraga, minuman isotonik atau air kelapa bisa menjadi alternatif. Minuman isotonik dan air kelapa mengandung banyak mineral yang berfungsi memperkaya dan menjaga asupan cairan tubuh. Seperti yang kita ketahui, cairan tubuh tidak hanya berisi air, namun juga zat-zat lain seperti natrium, potassium hingga zat besi.



Referensi:

Minum Es saat Cuaca Panas Justru Bikin Tambah Haus dan Batuk, Benarkah?
Okezone.com

Jangan Salah, Minum Air Hangat Lebih Cepat Hilangkan Haus Daripada Minum Es
detikNews.com

Air Dingin atau Hangat, Mana yang Bikin Lebih Gampang Haus?
HaiBunda.com