Laman

Rabu, 18 Oktober 2017

Skimming ATM - Pengertian Skimming ATM


Skimme adalah ralat yang dipasang dimulut mesin ATM. Bertugas untuk meng-copydata yang terdapat pada kartu debit atau kartu kredit korban, untuk nantinya di-paste data tersebut ke kartu yang lain. Biasanya mesin ATM yang dipasang alatskimmer sudah dimodifikasi oleh pelaku agar terlihat seperti asli, sehingga tidak ada kecurigaan dari korbannya. Alatnya itu seperti yang ada di gambar, yang dipasang pada mulut mesin ATM.


Pada proses skimming, alat tersebut akan menyalin data daninformasi yang ada pada strip magnetik di kartu debit atau kartu kredit, tentunya tindakan ini secara ilegal. Bisa dibilang tindakan skimming termasuk pada jenis penipuan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan masuk ke dalam metodephising. Metode phising, yang sering dijumpai mungkin halaman fake login dari suatu web internet banking dari suatu perusahaan perbankan.

Di mana pelakunya membuat website yang terlihat seperti asli, dengan nama domain yang berbeda. Pelaku biasanya menebar umpan melalui sosial media, messanger, dan email. Phising, sendiri sebenarnya plesetan dari kata fishingatau memancing. Jadi seolah-olah, korban adalah ikan yang ditargetkan. Umpan, kail, dan alat pancing itu ada berbagai macam cara/teknik. Salah satunya yaitu dengan alat skimmer atau fake login dari halaman website internet banking dari suatu perusahaan perbankan.

Sebenarnya teknik skimming sendiri pertama kali terindentifikasi oleh pihak berwajib pada tahun 2009 lalu diATM Citibank, California. Pada saat itu diketahui bahwa teknik ini dilakukan dengan cara menempelkan alat “mata-mata” pada slot mesin ATM. Skimmer akan menyalin data yang terdapat padamagnetic stripedi kartu debit/kredit korban. Fungsi dari magnetic stripe itu sendiri hampir menyerupai tape kaset, tujuannya untuk menyimpan data baik berupa suara, gambar, maupun bit biner. Cara kerjanya mirip dengan CD atauDVD Writerpada komputer,yang mampu membaca CD yang berisi data, kemudian data tersebut dapat disalin ke CD kosong yang lain. Proses penyalinan data isinya akan sama persis dengan CD aslinya.

Alat skimmer sendiri dijual di pasar gelap dengan harga yang bervarisasi mulai dari US$500, belum termasuk spy camera atau fake keypad. Tetapi ada juga yang menjualnya dengan paket all-in-one, dengan harga mulai dari US$1500. Situs-situs dark web, sendiri tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Cara kerjanya, yaitu dengan cara pertama pelaku akan mencari mesin ATM yang lemah pengawasannya, tidak terpantau dengan baik oleh CCTV, lalu dipasang alat skimmer pada mulut mesin ATM. Setelah itu, pelaku akan memasang spy cam atau tiga teknik sperti yang telah di urainkan di atas. Dan ia tinggal menunggu korban yang terjerat oleh umpan yang telah dipasangnya. Kurang lebih seperti itu teknik kejahatan skimming ATM.


Cara Terhindar dari Kejahatan dengan Modus Skimming ATM

Lantas bisakah teknik ini dicegah? Jawabannya bisa! Bagi Anda yang belum mengaktifkan notifikasi berupa sms atau emaildari perbankan ketika ada yang melakukan penarikan dalam jumlah yang kita tentukan.
Usahakan juga tarik tunai di mesin ATM yang satu lokasi dengan cabang bank, biasanya itu jauh lebih aman. Jika menemukan sticker nomor palsu dari call center perusahaan perbankan yang Anda gunakan. Segera laporkan keganjilan tersebut ke call centerresmi. Anda harus dan wajib mengingat call centerperusahaan tempat Anda menabung/membuka/memiliki kartu debit/kredit. Biasanya nomor call centermereka sangat mudah sekali untuk dihapal. Cara antisipasi lain adalah anda bisa request minimum nilai yang ingin pihak bank berikan notifikasinya. Tidak harus di atas angka satu juta rupiah ke atas, tetapi juga ratusan ribu juga bisa. Sehingga ketika Anda menemukan transaksi aneh, yang Anda sendiri tidak melakukan tarik tunai tersebut. Anda bisa segera lapor ke pihak bank, bahwa ada transaksi yang mencurigakan. Terakhir, Selalu printout buku tabungan anda setiap bulannya.

Sumber & Referensi :
https://www.thegold.asia/