5 miliar video dilihat setiap hari oleh 300 juta pengujung YouTube diseluruh dunia (per September 2018).
Apabila sebuah channel (akun) YouTube memiliki banyak pengunjung, maka iklan akan segera datang.
Channel YouTube PewDiePie dengan jumlah pelanggan lebih dari 81 juta (per januari 2019)
Iklan akan datang ke sebuah channel YouTube jika mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up.
Contoh iklan Pop Up di YouTube |
YouTube memberikan bayaran pada pembuat konten kisaran 1 sampai 5 US$ (Rp 13.500 - Rp 67.500) setiap video ditonton 1.000 kali.
Penghitungan kasar yang biasa dilakukan orang-orang awam merujuk pada Revenue per Mille impression (RPM) senilai 1 US$ per 1.000 views (tayang).
Akan tetapi hitungan seperti itu sebenarnya tidak valid. Kenyatannya jumlah RPM bisa lebih tinggi atau jauh lebih rendah daripada itu.
RPM : (penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) X (dikali) 1.000
Contoh perhitungan RPM |
Skip Ad (lewati iklan) YouTube |
Ayu Tingting endorse produk minuman melalui Instagram |
Artinya, tanpa kecuali, semua kanal (channel) baru dan lama di YouTube yang belum mencapai 4.000 jam watch time dan 1.000 subscriber selama setahun ke belakang bakal tak bisa menayangkan iklan.
Ketika YouTuber mengupload video di YouTube, Anda diberi pilihan untuk bisa menyalakan pilihan “Monetize” atau memonetisasi video itu. Ini artinya, Anda mengizinkan Youtube/Google untuk menempatkan iklan di dalam video Anda, dan sebagai timbal baliknya, anda akan mendapatkan bagi hasil dari iklan itu, dengan pembagian 45 persen untuk YouTube dan 55 persen untuk akun Youtuber Anda.
Aktivasi fitur Monetize di Youtube |
Video Kontroversial Logan Paul di hutan Aokigahara, Jepang |
Syarat baru ini tentu saja membuat para YouTuber pemula harus memutar otak untuk mengumpulkan subscriber sebanyak mungkin dan menghasilkan video dengan view yang cukup banyak.
Sebanyak 99 persen kreator yang terdampak peraturan baru tersebut memiliki penghasilan kurang dari 100 US$ per tahun dari kanalnya.
Sementara, kreator yang tetap bisa menayangkan iklan lewat 95 persen dari jangkauan pengiklan secara keseluruhan.
Tiap video baru yang diunggah juga akan diverifikasi oleh pihak YouTube melalui email atau nomor telepon, agar dipastikan video sesuai standar sebelum bisa menyangkan iklan.
Tujuan pemantauan yang lebih ketat ini tak lain untuk menjaga agar tayangan-tayangan iklan tak muncul di video yang diilai tak pantas. Kalau itu yang terjadi, pengiklan bisa kabur meninggalkan YouTube seperti pada kasus video predator anak.
Tujuan pemantauan yang lebih ketat ini tak lain untuk menjaga agar tayangan-tayangan iklan tak muncul di video yang diilai tak pantas. Kalau itu yang terjadi, pengiklan bisa kabur meninggalkan YouTube seperti pada kasus video predator anak.
Verifikasi Akun YouTube sebelum upload video |
CPM : cost per mille (bayaran yang diberikan ke para YouTuber tiap kelipatan 1.000 view pada konten video)
Tiap negara memiliki CPM berbeda-beda, tergantung banyaknya pengiklan yang memanfaatkan platform YouTube untuk mempromosikan produk.
Contoh Statistik CPM |
Cara menghitungnya sebenarnya mudah. Google telah memberikan contoh dengan rumus sebagai berikut:
Jika penghasilan tertaksir anda sebesar 180 US$ dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan 180 US$ per 45.000 view X (dikali) 1.000 = 4,00 US$ (Rp 59.632).
Referensi:
Referensi:
Berniat Jadi YouTuber? Begini Cara Menghitung Penghasilannya
KUMPARAN News
KUMPARAN News
Punya 1 Juta Subscriber, Berapa
Pendapatan YouTuber Bayu Skak
KOMPAS.com
Pendapatan YouTuber Bayu Skak
KOMPAS.com
Ternyata Menjanjikan! Ini Cara Mendapatkan Uang dari Youtube
CNBC Indonesia
CNBC Indonesia