November 2002, sebuah kotak berusia 2000-an tahun ditemukan dengan bahasa Aramaic. "James, putra Yusuf, adik dari Yesus". Sejak saat itulah, interpretasi dari istilah “brother” menuai begitu banyak perdebatan. Dan banyak yang menyangkal serta mengatakan James mungkin hanya sepupu dari Yesus.
Terlepas dari itu, nama “ Yakubus (James)” memang cukup terkenal di pergerakan Kristen. Paul, orang yang menyebarkan tentang kekristenan di masa awal, pernah menuliskan surat kepada Galatia.
“Setelah tiga tahun, aku pergi ke Jerusalem untuk mengunjungi Cephas. Aku di sana selama 15 hari. Tapi aku tidak melihat penginjil lain selain James, saudara Tuhan (Lord’s Brother),”
Perjanjian Baru mengajarkan bahwa Yesus memiliki saudara kandung, dan bahwa Yakobus adalah tokoh yang terkemuka sejak awal. Dalam artikel ini kita akan melihat bahwa Yakobus sangat penting untuk membuka kunci ajaran Yesus yang benar dan secara langsung menentang agama Kristen modern. Kita juga akan melihat bahwa ia sengaja dipinggirkan oleh para penyusun dan penulis Perjanjian Baru.
“Bukankah ini anak tukang kayu? Bukankah ibunya nama Maria, dan bukankah saudara-saudaranya Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? "
[Matius 13:55].
Di sini kita diberitahu dalam istilah yang sangat harfiah bahwa Yakobus adalah salah satu saudara kandung Yesus. Ini ditambah dengan pernyataan lain, bahwa Maria adalah ibu Yesus. Arti nyata dari kedua pernyataan yang sangat penting ini adalah bahwa Maria dan Yakobus adalah keluarga darah dan daging Yesus.
Denominasi (sekte) Kristen memiliki interpretasi berbeda tentang sifat hubungan antara Yesus dan Yakobus ini. Orang-orang Protestan cenderung terpecah belah, tetapi banyak yang menerima bahwa Yusuf dan Maria, mengikuti kelahiran perawan dari Yesus, memiliki anak-anak lain bersama-sama.
Jadi, ini adalah saudara tiri Yesus dari ibunya Maria, karena Yesus tidak memiliki ayah manusia. Umat Katolik Timur berpandangan bahwa mereka saudara tiri, lebih tua dari Yesus dan anak-anak Yusuf dari pernikahan sebelumnya.
Umat Katolik Roma percaya bahwa saudara-saudara yang disebutkan di sini adalah saudara sepupu, bukan saudara lelaki secara harfiah, karena baik Maria maupun Yusuf tetap perawan sepanjang hidup mereka.
Pendapat ini tidak memiliki dasar Alkitabiah, lebih didasarkan pada asumsi ekstra-Alkitab tentang sifat dan peran Maria dan Yusuf daripada pemahaman langsung tentang Alkitab.
Terlepas dari perbedaan pendapat tentang Yakobus dan keluarganya terkait dengan Yesus - apakah mereka sepupu, saudara tiri atau saudara laki-laki secara harfiah - tidak ada keraguan bahwa ia adalah seorang tokoh senior sejak awal setelah kenaikan Yesus. Perjanjian Baru sendiri membuat ini sangat jelas di banyak tempat. Menurut Paulus sendiri, Yakobus berdiri terlebih dahulu, bersama dengan Petrus dan Yohanes, sebagai "pilar" dari gerakan Yesus: "
" Yakobus, Kefas dan Yohanes, mereka yang dianggap sebagai pilar, memberi saya dan Barnabas tangan kanan persekutuan ..." [Galatia 2: 9]
Perhatikan bahwa Yakobus didaftar pertama, di depan Petrus dan Yohanes. Faktanya, ada bukti yang menunjukkan bahwa Yakobus adalah kepala sidang di Yerusalem. Ketika Peter, setelah secara ajaib melarikan diri dari penjara, harus melarikan diri dari Yerusalem, ia meminta agar James diberi tahu:
Peter (Petrus) memberi isyarat agar tangannya diam dan menggambarkan bagaimana Tuhan membawanya keluar dari penjara. "Beri tahu James dan saudara-saudari lainnya tentang hal ini," katanya, dan kemudian dia pergi ke tempat lain. [Kisah Para Rasul 12:17]
Ketika orang-orang percaya di Antiokhia khawatir tentang apakah orang-orang percaya non-Yahudi yang percaya Yesus perlu disunat untuk diselamatkan, mereka mengirim Paulus dan Barnabas untuk berunding dengan sidang di Yerusalem. Berbagai pendapat diajukan, tetapi James-lah yang mengucapkan penilaian definitif:
“Ketika mereka selesai, James angkat bicara. 'Saudara-saudara,' katanya, 'dengarkan aku ...' ”[Kisah Para Rasul 15:13]
Para rasul dan penatua, orang-orang seperti Petrus dan Yohanes, tunduk pada keputusan yang dibuat oleh Yakobus. Ini menunjukkan bahwa James memegang posisi yang sangat senior di antara mereka. Mereka memasukkan surat Yakobus ke dalam surat yang akan dibagikan kepada orang-orang percaya bukan Yahudi melalui Paulus dan rekannya Barnabas.
Menjelang akhir hidupnya, Paulus mengunjungi Yerusalem lagi dan bertemu dengan para rasul dan pemimpin yang sama. Ketika Paulus tiba di Yerusalem, itu adalah Yakobus kepada siapa ia berbicara, dan Yakobus yang memerintahkan Paulus untuk membersihkan dirinya secara ritual:
Keesokan harinya Paul dan kami semua pergi menemui James, dan semua penatua hadir ... jadi lakukan apa yang kami katakan. Ada empat pria bersama kami yang telah bersumpah. Ambillah orang-orang ini, bergabunglah dalam upacara penyucian mereka dan bayar pengeluaran mereka, agar mereka dapat mencukur rambut mereka… Keesokan harinya Paulus mengambil orang-orang itu dan menyucikan dirinya… [Kisah Para Rasul 21: 18-26]
Kita dapat melihat bahwa sehari setelah kedatangannya, Paulus pergi untuk "mengunjungi Yakobus dan semua penatua hadir". Sekali lagi jelas bahwa James adalah pemimpin kelompok. Bukan saja Paulus harus bertanggung jawab kepada Yakobus, tetapi dengan menjalani ritual itu menunjukkan bahwa Paulus tunduk kepada Yakobus.
Ada sumber-sumber lain di luar Alkitab yang juga menunjuk pada kepemimpinan Yakobus. Menurut sejarawan Josephus, yang sezaman dengan Yesus, Yakobus adalah seorang pemimpin yang sangat dihormati di Yerusalem sampai ia mati.
Injil Thomas yang ditemukan di Nag Hammadi pada tahun 1945 memberi tahu kita hal berikut:
Para murid berkata kepada Yesus, “Kami tahu kamu akan meninggalkan kami. Siapa yang akan menjadi pemimpin kita? ” Yesus berkata kepada mereka, “Kemanapun kamu pergi, kamu harus pergi ke Yakobus yang Adil, karena langit dan bumi ini diciptakan”. [Mengatakan 12]
Di sini kita memiliki pernyataan yang diletakkan di mulut Yesus, bahwa dia menyerahkan kepemimpinan gerakannya kepada Yakobus. Klemens dari Aleksandria adalah sumber awal lain, akhir abad kedua, yang menegaskan suksesi Yakobus. Clement menulis:
"Petrus dan Yakobus [sang nelayan] dan Yohanes setelah Kenaikan Juruselamat tidak berjuang untuk kemuliaan, karena mereka sebelumnya telah dihormati oleh Juruselamat, tetapi memilih Yakobus Orang Benar sebagai Pengawas Yerusalem" [1]
Eusebius, seorang sejarawan Kristen awal abad keempat, dalam mengomentari perikop ini menulis, “Yakobus yang oleh orang-orang zaman dahulu bernama 'Just' untuk keunggulan kebajikannya, tercatat sebagai yang pertama terpilih di atas takhta pengawasan gereja. di Yerusalem ”[2].
Hegesippus, seorang Yahudi-Kristen dari awal abad kedua, yang katanya berasal dari "generasi setelah para Rasul", menyatakan sehubungan dengan Yakobus:
"Suksesi gereja diteruskan kepada Yakobus saudara laki-laki Tuhan, bersama dengan para Rasul. Dia dipanggil “Adil” oleh semua orang dari zaman Tuhan sampai zaman kita, karena banyak yang disebut Yakobus, tetapi dia kudus dari rahim ibunya. [3]
Sumber Syria "The Ascents of James" mencerminkan beberapa tradisi paling awal yang berkaitan dengan gereja Yerusalem di bawah kepemimpinan James the Just. Itu mencatat peristiwa-peristiwa di Yerusalem tujuh tahun setelah kematian Yesus, ketika Yakobus jelas berada di pucuk pimpinan:
“Gereja di Yerusalem yang didirikan oleh Tuhan kita semakin bertambah jumlahnya dengan diperintah dengan jujur dan tegas oleh Yakobus yang diangkat menjadi Pengawas atasnya oleh Tuhan kita ”[4].
Apa yang mengesankan tentang sumber-sumber ini, yang dari berbagai penulis dan periode waktu, adalah cara mereka berbicara dengan satu suara. Elemen dasar dari gambar yang mereka simpan untuk kita sangat konsisten:
✓ Yesus memberikan pemerintahan kepada Yakobus.
✓ James memiliki reputasi untuk kebenaran.
✓ Dua Belas Rasul memandang James sebagai pemimpin mereka yang tidak perlu dipermasalahkan.
Kita telah melihat banyak bukti, baik tulisan suci maupun sejarah, yang menunjukkan bahwa Yakobus sangat senior dalam gerakan Yesus mula-mula, bahkan mungkin pemimpin tertinggi. Mengingat senioritasnya, penting bagi kita untuk memperhatikan dengan cermat apa yang dia katakan.
Di luar manusia terdapat pesan, dan kita akan melihat bahwa pesan ini memiliki implikasi yang menghancurkan bagi agama Kristen saat ini. Ajaran Yakubus (James) Bertentangan dengan Ajaran Paulus
Ada beberapa area kritis di mana ajaran Yakobus bertentangan langsung dengan kepercayaan dan praktik kekristenan dewasa ini:
1. Pembenaran karena iman atau perbuatan?
Banyak orang Kristen percaya bahwa mereka dibenarkan di hadapan Jahweh dan diselamatkan hanya berdasarkan pada iman mereka saja, tanpa perlu melakukan pekerjaan yang benar. Ini sejalan dengan ajaran-ajaran Paulus:
“Karena itu kami menyimpulkan, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan hukum Taurat” [Roma 3:28].
Pandangan Paulus adalah bahwa keselamatan tidak diterima oleh perbuatan baik melainkan hanya menerima sebagai hadiah gratis dari Allah kasih karunia melalui iman.
Namun Yakobus mengedepankan pandangan yang sangat berbeda: “Kamu lihat, bagaimana dengan perbuatan manusia dibenarkan, dan bukan hanya karena iman” [Yakobus 2:24].
Di sini Yakobus secara langsung membantah ajaran Paulus tentang "keselamatan oleh iman" tanpa perbuatan kebenaran. Yakobus tidak menyebut nama Paulus, tetapi rujukannya tidak salah lagi. Orang-orang Kristen berusaha mendamaikan pandangan-pandangan yang bertentangan ini dengan segala macam senam mental, biasanya dengan menyatakan bahwa Yakobus dan Paulus mengomentari berbagai jenis iman.
Namun, kontradiksi dalam teologi antara Yakobus dan Paulus tampak jelas ketika kita mempertimbangkan interpretasi mereka yang sangat berbeda tentang perikop yang sama dari Perjanjian Lama. Pertimbangkan kisah Abraham dan pengorbanan Ishak dalam Kejadian:
"Kemudian firman Tuhan datang kepadanya: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, tetapi seorang anak yang adalah darah dagingmu akan menjadi ahli warismu." Dia membawanya keluar dan berkata, "Lihatlah ke langit dan hitung bintang-bintang — jika memang kamu bisa menghitungnya." Lalu dia berkata kepadanya, "Demikian juga keturunanmu." Abram memercayai Tuhan, dan dia menganggapnya sebagai kebenaran. [Kejadian 15: 4-6]
Paulus mengutip perikop Kejadian ini untuk mendukung pembenaran hanya dengan iman:
"Jadi sekali lagi saya bertanya, apakah Allah memberi Anda Roh-Nya dan melakukan mukjizat di antara Anda dengan perbuatan hukum Taurat, atau dengan kepercayaan Anda terhadap apa yang Anda dengar? Demikian juga Abraham "percaya kepada Allah, dan itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran." [Galatia 3: 5-6]
"Bukankah ayah kita, Abraham, dianggap benar karena apa yang dia lakukan ketika dia mempersembahkan putranya Ishak di altar? Anda lihat bahwa imannya dan tindakannya bekerja bersama, dan imannya dibuat sempurna oleh apa yang dia lakukan. Dan tulisan suci terpenuhi yang mengatakan, "Abraham percaya kepada Allah, dan itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran," dan ia disebut teman Allah. [Yakobus 2: 21-23]
Jadi kita dapat melihat bahwa Yakobus dan Paulus mengutip perikop Kejadian yang sama dan membuat poin-poin teologis yang bertentangan, yang membuktikan bahwa pemahaman mereka tentang pembenaran bertentangan. Bahkan, para teolog Kristen besar telah mengakui konflik antara Yakobus dan Paulus ini. Sarjana Alkitab abad keenam belas Martin Luther dalam kata pengantar untuk Surat Yakobus, menyatakan dengan agak blak-blakan:
Meskipun surat Yakobus ini ditolak oleh orang dahulu, saya memuji dan menganggapnya sebagai buku yang bagus ... untuk menyatakan pendapat saya sendiri tentang hal itu, meskipun tanpa prasangka kepada siapa pun, saya tidak menganggapnya sebagai tulisan seorang rasul; dan alasan saya ikuti. Pertama-tama itu bertentangan dengan Paulus dan seluruh Kitab Suci lainnya dalam menganggap pembenaran untuk bekerja ... Singkatnya, ia ingin menjaga mereka yang bergantung pada iman tanpa perbuatan, tetapi tidak setara dengan tugas dalam roh, pikiran, dan kata-kata ... Oleh karena itu, saya tidak akan memasukkannya ke dalam Alkitab saya di antara buku-buku utama yang benar, meskipun demikian saya tidak akan mencegah siapa pun untuk memasukkan atau memuji dia sesuka hati, karena ada banyak perkataan baik di dalam dirinya [5].
2. Agama tentang Yesus, atau pesan Yesus?
Kekristenan sebagai agama saat ini berpusat pada pribadi Yesus. Setiap orang telah mendengar slogan terkenal “Percaya akan kematian Yesus karena dosa-dosamu dan kamu akan diselamatkan” yang diucapkan oleh para misionaris dan pembela dunia. Ini secara langsung menggemakan ajaran-ajaran Paulus:
"Jika kamu menyatakan dengan mulutmu, 'Yesus adalah Tuhan,' dan percaya dalam hatimu bahwa Allah membangkitkan dia dari antara orang mati, kamu akan diselamatkan" [Roma 10: 9].
“Injil” untuk Paulus bukanlah pesan yang dikhotbahkan oleh Yesus, atau apa pun yang Yesus ajarkan, melainkan pesan tentang bagaimana Yesus menjadi manusia melalui kematian dan kebangkitannya. Bagi Paulus, Kristus kosmik surgawi bukan lagi figur historis Yesus. Pria Yesus, lahir dari seorang wanita, sebagai manusia fana dan darah, Paulus menyebut "Kristus menurut daging":
"Jadi mulai sekarang kita menganggap tidak ada orang dari sudut pandang duniawi. Meskipun kita pernah memandang Kristus dengan cara ini, kita tidak lagi melakukannya. Karena itu, jika ada orang di dalam Kristus, ciptaan baru telah datang: Yang lama telah pergi, yang baru ada di sini! [2 Korintus 5: 16-17]
Cara lama mengingat Yesus kini telah berlalu. Itulah sebabnya, dalam semua surat-surat Paulus, ia tidak memberi tahu pendengarnya tentang kehidupan Yesus di bumi. Ini sangat luar biasa. Paulus tidak menceritakan apa pun tentang kelahiran Yesus, bahwa ia berasal dari Galilea, bahwa ia dibaptiskan oleh Yohanes Pembaptis, bahwa ia berkhotbah bahwa kerajaan Allah sudah dekat, menyembuhkan orang sakit, dan membuat mukjizat. Paulus dapat merangkum seluruh hidup dan ajaran Yesus dalam satu kalimat: Allah mengutus Putranya, lahir dari seorang wanita, yang mati karena dosa dan dibangkitkan dari kematian. Itu dia. Seperti yang dikatakan Paulus kepada jemaat Korintus,
“Aku memutuskan untuk tidak mengetahui apa pun di antara kamu selain Yesus Kristus dan dia yang disalibkan [1 Korintus 2: 2] .
Paulus percaya bahwa Kristus telah melampaui identitas manusia fana-Nya untuk menjadi Anak sulung ciptaan baru, Adam kedua, dan dengan demikian manusia Yesus tidak ada lagi. Paulus lebih suka istilah "Kristus", menggunakannya lebih dari seratus lima puluh kali, hampir seolah-olah itu adalah nama baru yang tepat menggantikan Yesus.
Nama tunggal "Yesus" muncul hanya sebelas kali. Ini mencerminkan pandangannya bahwa wahyu yang telah diterimanya dari Kristus kosmik surgawi jauh lebih unggul daripada apa pun yang diterima siapa pun dari Yesus di bumi. Ini lebih lanjut tercermin oleh fakta bahwa Paulus jarang pernah secara langsung mengutip ajaran Yesus. Adalah mungkin, tetapi tidak pasti, bahwa ia menyinggung dua atau tiga perkataan Yesus, tetapi bahkan ini tidak pasti.
Ketika Yakobus mengutip Yesus, ia bahkan tidak pernah menyebutkan namanya, ia hanya meneruskan ajarannya. Mengutip sebuah pepatah, di mata James itu adalah pesan yang penting, bukan orang di balik pesan itu. Ini menimbulkan beberapa pertanyaan kunci tentang pandangannya tentang sifat dan tujuan Yesus. Dalam pengantar surat Yakobus ia berbicara kepada "dua belas suku Israel", namun ia tidak menyebutkan apa-apa tentang keTuhanan Yesus atau kematiannya di kayu salib.
Seandainya Yesus adalah makhluk ilahi, dan seandainya pesan aslinya dipusatkan pada kematian dan kebangkitannya sendiri - seperti yang Paulus khotbahkan - maka Yakobus pasti akan menyebutkannya kepada orang-orang Yahudi yang sedang ia bicarakan. Keyakinan seperti itu akan menjadi sangat penting untuk keselamatan mereka dan karenanya James tidak akan diam tentang hal-hal seperti itu.
3. Hukum Musa - mengikat atau mencabut?
Kekristenan masa kini dicirikan oleh pelanggaran hukumnya, dalam arti bahwa hukum Taurat yang semula diwahyukan kepada Musa tidak lagi terlihat mengikat para pengikut Yesus. Orang-orang Kristen percaya bahwa kedatangan Yesus menghapus perjanjian lama Musa, dengan semua ritual dan legalismenya, dan memberi jalan bagi perjanjian baru berdasarkan kematian Yesus di kayu salib. Ini sangat sesuai dengan ajaran Paulus tentang Hukum Musa:
"Sekarang, bagaimanapun, kita bebas dari Hukum, karena kita mati terhadap apa yang dulu menahan kita sebagai tahanan. Kita tidak lagi melayani dengan cara lama dari hukum tertulis, tetapi dengan cara baru dari Roh. [Roma 7: 6]
Tetapi sebelum saatnya untuk iman datang, Hukum membuat kita semua dikurung sebagai tahanan sampai iman yang akan datang ini harus dinyatakan. Dan demikianlah hukum Taurat berkuasa atas kita sampai Kristus datang, supaya kita kemudian dibenarkan dengan Allah melalui iman. Sekarang saatnya untuk iman ada di sini, Hukum tidak lagi bertanggung jawab atas kita. [Galatia 3: 23-25]
Kita dapat melihat bahwa di mata Paulus, kedatangan Yesus membebaskan orang-orang percaya - baik Yahudi maupun bukan Yahudi - dari keharusan untuk mengikuti Hukum Musa. Sebagai perbandingan, James mengajarkan sebaliknya. Dia menekankan kepatuhan pada Taurat, dengan semua ritual dan peraturannya. Yakobus dan para penatua lainnya di Yerusalem membual kepada Paulus bahwa mereka adalah kepala ribuan orang percaya yang “bersemangat untuk Hukum Musa”:
Keesokan harinya, Paul dan kami semua pergi menemui James, dan semua penatua hadir. Paulus menyambut mereka dan melaporkan secara terperinci apa yang telah Allah lakukan di antara bangsa-bangsa lain melalui pelayanannya. Ketika mereka mendengar ini, mereka memuji Tuhan. Lalu mereka berkata kepada Paulus, "Kamu tahu, saudara, berapa ribu orang Yahudi telah percaya, dan mereka semua bersemangat untuk hukum Taurat." [Kisah 21: 18-20]
Kita tidak perlu heran bahwa begitu banyak orang percaya yang taat kepada Hukum Musa. James, yang kita lihat senior dalam kepemimpinan dan karena itu akan sangat berpengaruh, adalah dirinya sendiri yang taat. Dia mengajarkan bahwa melanggar hanya satu bagian saja sama dengan menghancurkan semuanya:
"Jika Anda benar-benar menaati hukum kerajaan yang ditemukan dalam Alkitab, “Cintailah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri,” Anda melakukan hal yang benar. Tetapi jika Anda menunjukkan sikap pilih kasih, Anda berdosa dan dihukum oleh hukum sebagai pelanggar hukum. Karena siapa pun yang mematuhi seluruh hukum dan tersandung pada satu titik saja bersalah karena melanggar semuanya. Karena dia yang berkata, "Jangan berzinah," juga berkata, "Jangan membunuh." Jika Anda tidak melakukan perzinaan tetapi melakukan pembunuhan, Anda telah menjadi pelanggar hukum.
[Yakobus 2: 8-11]
Dalam insiden berikut, desas-desus telah mencapai Yerusalem bahwa Paulus memberi tahu para pengikut Yahudi tentang Yesus untuk mengabaikan Hukum Musa. Kisah Para Rasul mencatat Yakobus berbicara kepada Paulus:
Mereka telah diberi tahu bahwa Anda mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara orang-orang bukan Yahudi untuk berpaling dari Musa, mengatakan kepada mereka untuk tidak menyunat anak-anak mereka atau hidup sesuai dengan kebiasaan kami. [Kisah 21: 20-21]
Perhatikan bahwa Yakobus merujuk pada ritual sunat sebagai “kebiasaan kita”, yang menyiratkan bahwa mereka mempraktikkan Hukum Musa. Yakobus dan para penatua lainnya di Yerusalem ingin menghilangkan rumor ini, sehingga mereka memerintahkan Paulus untuk melakukan ritual publik di Bait Suci Yerusalem untuk membuktikan kepatuhannya terhadap Hukum Musa:
Apa yang harus kita lakukan? Mereka pasti akan mendengar bahwa Anda telah datang, jadi lakukan apa yang kami katakan kepada Anda. Ada empat pria bersama kami yang telah bersumpah. Ambillah orang-orang ini, bergabunglah dalam upacara penyucian mereka dan bayar pengeluaran mereka, sehingga mereka dapat mencukur rambut mereka. Maka semua orang akan tahu tidak ada kebenaran dalam laporan ini tentang Anda, tetapi Anda sendiri hidup dalam kepatuhan pada hukum. [Kisah 21: 22-24]
Kita dapat melihat bahwa Yakobus dan para penatua lainnya adalah pelindung Hukum Musa dan bertindak tegas untuk meyakinkan para pengikut Yahudi tentang Yesus bahwa Paulus juga taat kepadanya. Singkatnya, kita telah melihat bahwa Paulus memiliki perspektif yang sangat berbeda tentang keabsahan Hukum Musa dibandingkan dengan Yakobus dan para penatua lainnya. Ini menimbulkan pertanyaan kunci tentang nilai keselamatan penyaliban. Seandainya kematian Yesus menjadi pusat keselamatan, seperti yang Paulus khotbahkan, maka tidak akan ada kebutuhan bagi para pengikut Yahudi dari Yesus untuk mematuhi Hukum Musa.
Prioritas utama bagi James adalah kepatuhan yang ketat terhadap Hukum Musa, bukan bergantung pada penyaliban. Anehnya, Yakobus tidak pernah sekalipun menyebutkan penyaliban Yesus, jadi mungkin saja ia tidak pernah percaya bahwa penyaliban itu terjadi, atau (paling tidak) tidak penting dalam skema besar segala sesuatu. Di mata Yakobus dan para penatua Yerusalem lainnya, Hukum Musa masih merupakan pusat iman seseorang, seperti yang selalu terjadi sejak zaman Musa.
4. Hukum Musa - Berkat atau kutukan?
Kekristenan dewasa ini tidak mencari atau mengharapkan untuk mendapatkan berkat apa pun dengan melakukan ritual Hukum Musa. Ini adalah teologi Paulus, yang sepanjang tulisannya mengambil pandangan yang sangat negatif tentang Hukum Musa.
Paulus menggambarkan Hukum Musa sebagai kutukan, yang membawa kematian dan murka, dan bahkan lebih jauh menyamakan upaya-upaya sebelumnya dalam mengejarnya sebagai “kotoran” [Galatia 3:10] [2 Korintus 3:6] [Roma 4:15] [Flipi 3:8]
James, sebaliknya, memiliki pandangan yang sangat berbeda:
Tetapi siapa pun yang melihat dengan seksama ke dalam hukum sempurna yang memberikan kebebasan, dan melanjutkan di dalamnya — tidak melupakan apa yang telah mereka dengar, tetapi melakukannya — mereka akan diberkati dengan apa yang mereka lakukan. [Yakobus 1:25]
Seperti dapat dilihat di atas, Yakobus menganggap Hukum Musa sebagai "sempurna", "memberi kebebasan" dan memberikan "berkat" kepada mereka yang bertindak berdasarkan pengetahuan mereka tentang hukum itu.
Kita dapat melihat bahwa menurut Perjanjian Lama, ketaatan pada Hukum Musa dikatakan membuat seseorang “makmur” dan akan menyebabkan Allah “menyenangkan” orang-orang yang mengikutinya. Ajaran Yakobus sangat konsisten dengan apa yang Allah nyatakan sebelumnya, sedangkan Paulus berselisih. Ini bukan satu-satunya kesempatan ketika Paulus benar-benar bertentangan dengan Perjanjian Lama.
Menurut Paulus dalam Roma 3:19-20, tujuan Hukum Musa tampaknya membuat manusia menyadari bahwa ia bersalah di hadapan Allah. Dengan kata lain, itu untuk membuktikan kepada kita bahwa itu tidak mungkin dipertahankan.
Masalah dengan klaim ini adalah bahwa Perjanjian Lama menyatakan bahwa Hukum Musa tidak sulit untuk diikuti, dan bahwa tujuan Allah untuk menyatakannya adalah agar manusia mempraktikkannya:
Sekarang apa yang saya perintahkan kepada Anda hari ini tidak terlalu sulit bagi Anda atau di luar jangkauan Anda. Itu tidak ada di surga, sehingga Anda harus bertanya, "Siapa yang akan naik ke surga untuk mendapatkannya dan memberitakannya kepada kami agar kami dapat mematuhinya?" Juga bukan di seberang lautan, sehingga Anda harus bertanya, "Siapa yang akan menyeberangi lautan untuk mendapatkannya dan menyatakannya kepada kami agar kami dapat mematuhinya?" Tidak, kata itu sangat dekat dengan Anda; itu ada di mulut dan hatimu sehingga kamu bisa mematuhinya. [Ulangan 30: 11-14]
5. Status orang percaya bukan Yahudi?
Kekristenan dewasa ini tidak membedakan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi (non-Yahudi), semua orang yang percaya kepada Yesus bersatu dan sejajar. Ini menggemakan Paulus yang mengajarkan bahwa kedatangan Yesus meniadakan perbedaan yang ada sebelumnya:
Tidak ada orang Yahudi atau orang bukan Yahudi, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki dan perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
[Galatia 3:28]
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu jauh telah dibawa dekat oleh darah Kristus. Karena dia sendiri adalah kedamaian kita, yang telah menjadikan kedua kelompok itu satu dan telah menghancurkan penghalang, tembok pemisah permusuhan, dengan menyisihkan dalam dagingnya hukum dengan perintah dan peraturannya. Tujuannya adalah untuk menciptakan dalam dirinya sendiri satu manusia baru dari keduanya, sehingga berdamai, dan dalam satu tubuh untuk mendamaikan keduanya dengan Allah melalui salib, yang dengannya dia mematikan permusuhan mereka.
[Efesus 2: 13-16]
Menurut Paulus tidak ada lagi perbedaan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Namun demikian, Yakobus memiliki pandangan yang sangat berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Pertimbangkan insiden Dewan Yerusalem dalam Kisah Para Rasul. Kontroversi muncul sehubungan dengan pertanyaan apakah orang yang bertobat harus mengikuti Hukum Musa dengan disunat. Paulus pergi ke Yerusalem untuk bertemu dengan para rasul dan penatua dan membahas masalah ini.
Pendapat yang berbeda diajukan, dengan beberapa mengambil pandangan yang ketat bahwa orang bukan Yahudi harus mengikuti seluruh Hukum Taurat, dan yang lain pandangan yang lunak bahwa tidak ada yang perlu diikuti. Yakobus yang mengucapkan penghakiman definitif:
Oleh karena itu, penilaian saya adalah bahwa kita hendaknya tidak mempersulit orang-orang bukan Israel yang berbalik kepada Allah. Sebagai gantinya kita harus menulis kepada mereka, menyuruh mereka untuk menjauhkan diri dari makanan yang tercemar oleh berhala, dari percabulan, dari daging hewan tercekik dan dari darah. Karena hukum Musa telah dikhotbahkan di setiap kota sejak awal dan dibaca di rumah-rumah ibadat pada setiap Sabat.
[Kisah 15: 19-21]
James (Yakobus) menetapkan bahwa orang-orang percaya non-Yahudi harus mematuhi empat aspek Hukum Musa. Dalam melakukan hal ini, Yakobus menciptakan gerakan Yesus dua tingkat, salah satu dari orang-orang percaya Yahudi yang taat kepada seluruh Hukum Musa, seperti dirinya dan seluruh jemaat Yerusalem, dan yang lain dari orang-orang percaya non-Yahudi yang hanya perlu mengikuti beberapa aspek dari Hukum Musa.
Orang Kristen mungkin berpikir bahwa perpecahan ini bersifat sementara, tetapi ini tidak berarti demikian. Kemudian menjelang akhir hidupnya, Paulus, mengunjungi Yakobus untuk kedua kalinya di Yerusalem, dan Yakobus menegaskan kembali bahwa dekrit sebelumnya di Dewan Yerusalem masih mengikat orang-orang percaya non-Yahudi:
Mengenai orang percaya bukan Yahudi, kami telah menulis kepada mereka keputusan kami bahwa mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging hewan yang dicekik dan dari percabulan. [Kisah 21:25]
Kesimpulan
Yakobus saudara Yesus memegang posisi yang sangat senior dalam gerakan Yesus awal, yang berpengaruh bahkan di antara para rasul. Kita juga telah melihat bahwa ada perbedaan besar dalam teologi antara Yakobus dan Kristen modern, yang memperoleh doktrinnya terutama dari Paulus.
Mengingat pentingnya James, dan mengingat keyakinan dan praktiknya yang berbeda, mengejutkan bahwa ia sebagian besar tidak dikenal di kalangan orang Kristen saat ini. Kita sekarang akan melihat bahwa ketidakjelasan ini tidak disengaja. Yakobus hanya memiliki satu surat kecil di seluruh Perjanjian Baru. Ketika orang-orang Kristen mulai mengkanonisasi Perjanjian Baru pada abad keempat, surat tunggal Yakobus hampir ditinggalkan seluruhnya karena statusnya dipertanyakan.
Itu tidak termasuk dalam Fragmen Muratori, daftar paling awal dari buku-buku Perjanjian Baru yang diterima sebagai kitab suci di Roma pada akhir abad kedua. Itu akhirnya dijadikan bagian dari kanon Perjanjian Baru dari tulisan suci bukan karena isinya menyenangkan hati para teolog Gereja kemudian, tetapi karena itu mengandung nama Yakobus, saudara Yesus.
Sebagai perbandingan, Paulus mendominasi halaman-halaman Perjanjian Baru, dengan 13 dari 27 bukunya yang dikaitkan dengannya. Jadi, sekitar setengah dari Perjanjian Baru berasal dari Paulus. Ini menunjukkan betapa tidak seimbangnya Yakobus dan Paulus pada saat Perjanjian Baru dikanonisasi. Ini aneh, mengingat apa yang kita ketahui tentang pentingnya Yakobus di antara para rasul, dan senioritasnya di atas Paulus.
Baca juga: Paulus Rasul Palsu - Kebohongan Paulus
Cara Yakobus disajikan dalam Perjanjian Baru juga sangat aneh. Keempat Injil yang merupakan awal Perjanjian Baru jarang menyebutkannya. Ketika mereka menyebut-nyebutnya, itu hanya lewat, dengan Yakobus dinyatakan sebagai saudara Yesus. Tidak ada informasi atau detail lain yang disediakan. Setelah Injil datang, Kisah Para Rasul, yang seharusnya menjadi sejarah dari tindakan para rasul. Pertama kali Yakobus disebutkan namanya dalam Kisah Para Rasul adalah dalam pasal 15 di mana ia secara misterius disajikan sebagai pemimpin yang tidak perlu di Dewan Yerusalem 20 tahun setelah kenaikan Yesus.
James tiba-tiba muncul entah dari mana, tanpa perkenalan resmi, dan ia memberikan keputusan seperti hakim yang memimpin pengadilan hukum Yahudi. Yakobus berubah dari hampir tidak disebutkan kepada pemimpin gerakan Yesus di Yerusalem. Kisah Para Rasul memiliki 24 pasal, begitu Paulus diperkenalkan dalam pasal 9, sisa buku ini sepenuhnya tentang Paulus. Bahkan Petrus mulai keluar dari gambar setelah pasal 12. Jadi, Kisah Para Rasul, yang diduga Kisah Para Rasul, akan lebih baik disebut "Kisah Paulus" ketika ia mendominasi itu.
Yakobus dalam bahasa Inggris adalah nama 'Iakobos' dalam bahasa Yunani yang merupakan nama 'Yakub' (Yaaqob) dalam bahasa Ibrani. Itu adalah nama yang sama dengan Perjanjian Lama, Nabi Yakub, cucu Abraham dan putra Ishak, digunakan ratusan kali di seluruh Alkitab, termasuk dalam Perjanjian Baru.
Misalnya, ketika Yesus menyebutkan nama "Abraham, Ishak, dan Yakub" dalam Perjanjian Baru, teks Yunani menggunakan kata 'Iakobos', yang diterjemahkan dengan jelas dan benar sebagai Yakub dalam bahasa Inggris (mis. Markus 12:26).
Namun kata yang sama, ketika digunakan untuk saudara laki-laki Yesus, menjadi Yakobus, bukan Yakub, James dalam bahasa Inggris. Tidak ada artinya linguistik untuk menerjemahkannya sebagai 'Yakobus', karena nama Inggris 'Yakobus' tidak ada secara kuno, dan nama Yunani jelas Yakub. Sayangnya, efeknya lebih dari masalah gaya. Menyebut saudara lelaki Yesus, Yakobus, memisahkan dan mengisolasinya dari lingkungan Yahudi. Ini hanya berfungsi untuk semakin menjauhkan orang-orang Kristen dari pesan Yakobus, yang seperti telah kita lihat berakar dalam dalam Alkitab Ibrani dan budaya Yahudi.
Dalam Perjanjian Baru Yakobus mendukung Hukum Musa, dan mengingat bahwa para rasul adalah pendukung Yakobus, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa mereka semua setia kepada ajaran Yesus yang juga mengajarkan ketaatan kepada Hukum Musa, sama seperti Alquran sebuah klaim. Kita juga telah melihat bahwa fokus dari pesan Yakobus adalah ajaran Yesus, bukan pribadi Yesus. Yakobus tidak tertarik pada siapa Yesus itu, tetapi apa yang Yesus ajarkan. Jika Yesus adalah makhluk ilahi maka Yakobus pasti akan menyebutkannya, tetapi ia tidak pernah melakukannya.
Pada abad-abad setelah Yesus, suara Yakobus secara perlahan diredam dan sebagian besar menghilang dari pandangan. Namun, sudut pandangnya tentang Yesus, tertanam dalam Perjanjian Baru, dan masih bisa didengar, jika orang memperhatikan dengan seksama. Ironi utama adalah kemungkinan bahwa suara ini, yang telah ditenggelamkan oleh Paul, mungkin mewakili sesuatu yang lebih dekat dengan pesan Yesus daripada melakukan ajaran agama Kristen.
Bagaimana seseorang berurusan dengan kontradiksi teologis antara Yakobus dan Paulus pada akhirnya bersandar pada nilai apa yang seseorang tempatkan pada dugaan penglihatan-penglihatan Paulus tentang Yesus. Adalah satu hal untuk mencoba dan memulihkan kehidupan dan ajaran Yesus dan para pengikut-Nya yang paling awal menggunakan metode historis, seperti yang telah kita lakukan dalam artikel ini. Adalah hal lain untuk memasuki dunia interpretasi teologis Paulus tentang Kristus kosmik surgawi.
Terlepas dari bagaimana seseorang mengevaluasi "Injil" Paulus, tetap saja fakta bahwa apa yang Paulus beritakan sepenuhnya didasarkan pada klaimnya sendiri akan pengalaman mistik, sedangkan Yakobus dan rasul-rasul aslinya telah menghabiskan banyak waktu bersama Yesus selama kehidupannya di bumi.
Referensi:
Diterjemahkan dari Artikel:
ManyPropetsOneMessage.com - James the Forgotten brother of Jesus
Terlepas dari itu, nama “ Yakubus (James)” memang cukup terkenal di pergerakan Kristen. Paul, orang yang menyebarkan tentang kekristenan di masa awal, pernah menuliskan surat kepada Galatia.
Photograph by National Geographic AT ISRAEL MUSEUM, JERUSALEM |
Siapa Yakobus (James) ?
Perjanjian Baru mengajarkan bahwa Yesus memiliki saudara kandung, dan bahwa Yakobus adalah tokoh yang terkemuka sejak awal. Dalam artikel ini kita akan melihat bahwa Yakobus sangat penting untuk membuka kunci ajaran Yesus yang benar dan secara langsung menentang agama Kristen modern. Kita juga akan melihat bahwa ia sengaja dipinggirkan oleh para penyusun dan penulis Perjanjian Baru.
“Bukankah ini anak tukang kayu? Bukankah ibunya nama Maria, dan bukankah saudara-saudaranya Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? "
[Matius 13:55].
Di sini kita diberitahu dalam istilah yang sangat harfiah bahwa Yakobus adalah salah satu saudara kandung Yesus. Ini ditambah dengan pernyataan lain, bahwa Maria adalah ibu Yesus. Arti nyata dari kedua pernyataan yang sangat penting ini adalah bahwa Maria dan Yakobus adalah keluarga darah dan daging Yesus.
Yakobus (James) |
Jadi, ini adalah saudara tiri Yesus dari ibunya Maria, karena Yesus tidak memiliki ayah manusia. Umat Katolik Timur berpandangan bahwa mereka saudara tiri, lebih tua dari Yesus dan anak-anak Yusuf dari pernikahan sebelumnya.
Umat Katolik Roma percaya bahwa saudara-saudara yang disebutkan di sini adalah saudara sepupu, bukan saudara lelaki secara harfiah, karena baik Maria maupun Yusuf tetap perawan sepanjang hidup mereka.
Pendapat ini tidak memiliki dasar Alkitabiah, lebih didasarkan pada asumsi ekstra-Alkitab tentang sifat dan peran Maria dan Yusuf daripada pemahaman langsung tentang Alkitab.
Terlepas dari perbedaan pendapat tentang Yakobus dan keluarganya terkait dengan Yesus - apakah mereka sepupu, saudara tiri atau saudara laki-laki secara harfiah - tidak ada keraguan bahwa ia adalah seorang tokoh senior sejak awal setelah kenaikan Yesus. Perjanjian Baru sendiri membuat ini sangat jelas di banyak tempat. Menurut Paulus sendiri, Yakobus berdiri terlebih dahulu, bersama dengan Petrus dan Yohanes, sebagai "pilar" dari gerakan Yesus: "
" Yakobus, Kefas dan Yohanes, mereka yang dianggap sebagai pilar, memberi saya dan Barnabas tangan kanan persekutuan ..." [Galatia 2: 9]
Perhatikan bahwa Yakobus didaftar pertama, di depan Petrus dan Yohanes. Faktanya, ada bukti yang menunjukkan bahwa Yakobus adalah kepala sidang di Yerusalem. Ketika Peter, setelah secara ajaib melarikan diri dari penjara, harus melarikan diri dari Yerusalem, ia meminta agar James diberi tahu:
Peter (Petrus) memberi isyarat agar tangannya diam dan menggambarkan bagaimana Tuhan membawanya keluar dari penjara. "Beri tahu James dan saudara-saudari lainnya tentang hal ini," katanya, dan kemudian dia pergi ke tempat lain. [Kisah Para Rasul 12:17]
Ketika orang-orang percaya di Antiokhia khawatir tentang apakah orang-orang percaya non-Yahudi yang percaya Yesus perlu disunat untuk diselamatkan, mereka mengirim Paulus dan Barnabas untuk berunding dengan sidang di Yerusalem. Berbagai pendapat diajukan, tetapi James-lah yang mengucapkan penilaian definitif:
“Ketika mereka selesai, James angkat bicara. 'Saudara-saudara,' katanya, 'dengarkan aku ...' ”[Kisah Para Rasul 15:13]
Para rasul dan penatua, orang-orang seperti Petrus dan Yohanes, tunduk pada keputusan yang dibuat oleh Yakobus. Ini menunjukkan bahwa James memegang posisi yang sangat senior di antara mereka. Mereka memasukkan surat Yakobus ke dalam surat yang akan dibagikan kepada orang-orang percaya bukan Yahudi melalui Paulus dan rekannya Barnabas.
Menjelang akhir hidupnya, Paulus mengunjungi Yerusalem lagi dan bertemu dengan para rasul dan pemimpin yang sama. Ketika Paulus tiba di Yerusalem, itu adalah Yakobus kepada siapa ia berbicara, dan Yakobus yang memerintahkan Paulus untuk membersihkan dirinya secara ritual:
Keesokan harinya Paul dan kami semua pergi menemui James, dan semua penatua hadir ... jadi lakukan apa yang kami katakan. Ada empat pria bersama kami yang telah bersumpah. Ambillah orang-orang ini, bergabunglah dalam upacara penyucian mereka dan bayar pengeluaran mereka, agar mereka dapat mencukur rambut mereka… Keesokan harinya Paulus mengambil orang-orang itu dan menyucikan dirinya… [Kisah Para Rasul 21: 18-26]
Kita dapat melihat bahwa sehari setelah kedatangannya, Paulus pergi untuk "mengunjungi Yakobus dan semua penatua hadir". Sekali lagi jelas bahwa James adalah pemimpin kelompok. Bukan saja Paulus harus bertanggung jawab kepada Yakobus, tetapi dengan menjalani ritual itu menunjukkan bahwa Paulus tunduk kepada Yakobus.
Ada sumber-sumber lain di luar Alkitab yang juga menunjuk pada kepemimpinan Yakobus. Menurut sejarawan Josephus, yang sezaman dengan Yesus, Yakobus adalah seorang pemimpin yang sangat dihormati di Yerusalem sampai ia mati.
Injil Thomas yang ditemukan di Nag Hammadi pada tahun 1945 memberi tahu kita hal berikut:
Para murid berkata kepada Yesus, “Kami tahu kamu akan meninggalkan kami. Siapa yang akan menjadi pemimpin kita? ” Yesus berkata kepada mereka, “Kemanapun kamu pergi, kamu harus pergi ke Yakobus yang Adil, karena langit dan bumi ini diciptakan”. [Mengatakan 12]
Di sini kita memiliki pernyataan yang diletakkan di mulut Yesus, bahwa dia menyerahkan kepemimpinan gerakannya kepada Yakobus. Klemens dari Aleksandria adalah sumber awal lain, akhir abad kedua, yang menegaskan suksesi Yakobus. Clement menulis:
"Petrus dan Yakobus [sang nelayan] dan Yohanes setelah Kenaikan Juruselamat tidak berjuang untuk kemuliaan, karena mereka sebelumnya telah dihormati oleh Juruselamat, tetapi memilih Yakobus Orang Benar sebagai Pengawas Yerusalem" [1]
Eusebius, seorang sejarawan Kristen awal abad keempat, dalam mengomentari perikop ini menulis, “Yakobus yang oleh orang-orang zaman dahulu bernama 'Just' untuk keunggulan kebajikannya, tercatat sebagai yang pertama terpilih di atas takhta pengawasan gereja. di Yerusalem ”[2].
Hegesippus, seorang Yahudi-Kristen dari awal abad kedua, yang katanya berasal dari "generasi setelah para Rasul", menyatakan sehubungan dengan Yakobus:
"Suksesi gereja diteruskan kepada Yakobus saudara laki-laki Tuhan, bersama dengan para Rasul. Dia dipanggil “Adil” oleh semua orang dari zaman Tuhan sampai zaman kita, karena banyak yang disebut Yakobus, tetapi dia kudus dari rahim ibunya. [3]
Sumber Syria "The Ascents of James" mencerminkan beberapa tradisi paling awal yang berkaitan dengan gereja Yerusalem di bawah kepemimpinan James the Just. Itu mencatat peristiwa-peristiwa di Yerusalem tujuh tahun setelah kematian Yesus, ketika Yakobus jelas berada di pucuk pimpinan:
“Gereja di Yerusalem yang didirikan oleh Tuhan kita semakin bertambah jumlahnya dengan diperintah dengan jujur dan tegas oleh Yakobus yang diangkat menjadi Pengawas atasnya oleh Tuhan kita ”[4].
Apa yang mengesankan tentang sumber-sumber ini, yang dari berbagai penulis dan periode waktu, adalah cara mereka berbicara dengan satu suara. Elemen dasar dari gambar yang mereka simpan untuk kita sangat konsisten:
✓ Yesus memberikan pemerintahan kepada Yakobus.
✓ James memiliki reputasi untuk kebenaran.
✓ Dua Belas Rasul memandang James sebagai pemimpin mereka yang tidak perlu dipermasalahkan.
Kita telah melihat banyak bukti, baik tulisan suci maupun sejarah, yang menunjukkan bahwa Yakobus sangat senior dalam gerakan Yesus mula-mula, bahkan mungkin pemimpin tertinggi. Mengingat senioritasnya, penting bagi kita untuk memperhatikan dengan cermat apa yang dia katakan.
Di luar manusia terdapat pesan, dan kita akan melihat bahwa pesan ini memiliki implikasi yang menghancurkan bagi agama Kristen saat ini. Ajaran Yakubus (James) Bertentangan dengan Ajaran Paulus
Paulus |
1. Pembenaran karena iman atau perbuatan?
Banyak orang Kristen percaya bahwa mereka dibenarkan di hadapan Jahweh dan diselamatkan hanya berdasarkan pada iman mereka saja, tanpa perlu melakukan pekerjaan yang benar. Ini sejalan dengan ajaran-ajaran Paulus:
“Karena itu kami menyimpulkan, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan hukum Taurat” [Roma 3:28].
Pandangan Paulus adalah bahwa keselamatan tidak diterima oleh perbuatan baik melainkan hanya menerima sebagai hadiah gratis dari Allah kasih karunia melalui iman.
Namun Yakobus mengedepankan pandangan yang sangat berbeda: “Kamu lihat, bagaimana dengan perbuatan manusia dibenarkan, dan bukan hanya karena iman” [Yakobus 2:24].
Di sini Yakobus secara langsung membantah ajaran Paulus tentang "keselamatan oleh iman" tanpa perbuatan kebenaran. Yakobus tidak menyebut nama Paulus, tetapi rujukannya tidak salah lagi. Orang-orang Kristen berusaha mendamaikan pandangan-pandangan yang bertentangan ini dengan segala macam senam mental, biasanya dengan menyatakan bahwa Yakobus dan Paulus mengomentari berbagai jenis iman.
Namun, kontradiksi dalam teologi antara Yakobus dan Paulus tampak jelas ketika kita mempertimbangkan interpretasi mereka yang sangat berbeda tentang perikop yang sama dari Perjanjian Lama. Pertimbangkan kisah Abraham dan pengorbanan Ishak dalam Kejadian:
"Kemudian firman Tuhan datang kepadanya: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, tetapi seorang anak yang adalah darah dagingmu akan menjadi ahli warismu." Dia membawanya keluar dan berkata, "Lihatlah ke langit dan hitung bintang-bintang — jika memang kamu bisa menghitungnya." Lalu dia berkata kepadanya, "Demikian juga keturunanmu." Abram memercayai Tuhan, dan dia menganggapnya sebagai kebenaran. [Kejadian 15: 4-6]
Paulus mengutip perikop Kejadian ini untuk mendukung pembenaran hanya dengan iman:
"Jadi sekali lagi saya bertanya, apakah Allah memberi Anda Roh-Nya dan melakukan mukjizat di antara Anda dengan perbuatan hukum Taurat, atau dengan kepercayaan Anda terhadap apa yang Anda dengar? Demikian juga Abraham "percaya kepada Allah, dan itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran." [Galatia 3: 5-6]
"Bukankah ayah kita, Abraham, dianggap benar karena apa yang dia lakukan ketika dia mempersembahkan putranya Ishak di altar? Anda lihat bahwa imannya dan tindakannya bekerja bersama, dan imannya dibuat sempurna oleh apa yang dia lakukan. Dan tulisan suci terpenuhi yang mengatakan, "Abraham percaya kepada Allah, dan itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran," dan ia disebut teman Allah. [Yakobus 2: 21-23]
Jadi kita dapat melihat bahwa Yakobus dan Paulus mengutip perikop Kejadian yang sama dan membuat poin-poin teologis yang bertentangan, yang membuktikan bahwa pemahaman mereka tentang pembenaran bertentangan. Bahkan, para teolog Kristen besar telah mengakui konflik antara Yakobus dan Paulus ini. Sarjana Alkitab abad keenam belas Martin Luther dalam kata pengantar untuk Surat Yakobus, menyatakan dengan agak blak-blakan:
Meskipun surat Yakobus ini ditolak oleh orang dahulu, saya memuji dan menganggapnya sebagai buku yang bagus ... untuk menyatakan pendapat saya sendiri tentang hal itu, meskipun tanpa prasangka kepada siapa pun, saya tidak menganggapnya sebagai tulisan seorang rasul; dan alasan saya ikuti. Pertama-tama itu bertentangan dengan Paulus dan seluruh Kitab Suci lainnya dalam menganggap pembenaran untuk bekerja ... Singkatnya, ia ingin menjaga mereka yang bergantung pada iman tanpa perbuatan, tetapi tidak setara dengan tugas dalam roh, pikiran, dan kata-kata ... Oleh karena itu, saya tidak akan memasukkannya ke dalam Alkitab saya di antara buku-buku utama yang benar, meskipun demikian saya tidak akan mencegah siapa pun untuk memasukkan atau memuji dia sesuka hati, karena ada banyak perkataan baik di dalam dirinya [5].
2. Agama tentang Yesus, atau pesan Yesus?
Kekristenan sebagai agama saat ini berpusat pada pribadi Yesus. Setiap orang telah mendengar slogan terkenal “Percaya akan kematian Yesus karena dosa-dosamu dan kamu akan diselamatkan” yang diucapkan oleh para misionaris dan pembela dunia. Ini secara langsung menggemakan ajaran-ajaran Paulus:
"Jika kamu menyatakan dengan mulutmu, 'Yesus adalah Tuhan,' dan percaya dalam hatimu bahwa Allah membangkitkan dia dari antara orang mati, kamu akan diselamatkan" [Roma 10: 9].
“Injil” untuk Paulus bukanlah pesan yang dikhotbahkan oleh Yesus, atau apa pun yang Yesus ajarkan, melainkan pesan tentang bagaimana Yesus menjadi manusia melalui kematian dan kebangkitannya. Bagi Paulus, Kristus kosmik surgawi bukan lagi figur historis Yesus. Pria Yesus, lahir dari seorang wanita, sebagai manusia fana dan darah, Paulus menyebut "Kristus menurut daging":
"Jadi mulai sekarang kita menganggap tidak ada orang dari sudut pandang duniawi. Meskipun kita pernah memandang Kristus dengan cara ini, kita tidak lagi melakukannya. Karena itu, jika ada orang di dalam Kristus, ciptaan baru telah datang: Yang lama telah pergi, yang baru ada di sini! [2 Korintus 5: 16-17]
Cara lama mengingat Yesus kini telah berlalu. Itulah sebabnya, dalam semua surat-surat Paulus, ia tidak memberi tahu pendengarnya tentang kehidupan Yesus di bumi. Ini sangat luar biasa. Paulus tidak menceritakan apa pun tentang kelahiran Yesus, bahwa ia berasal dari Galilea, bahwa ia dibaptiskan oleh Yohanes Pembaptis, bahwa ia berkhotbah bahwa kerajaan Allah sudah dekat, menyembuhkan orang sakit, dan membuat mukjizat. Paulus dapat merangkum seluruh hidup dan ajaran Yesus dalam satu kalimat: Allah mengutus Putranya, lahir dari seorang wanita, yang mati karena dosa dan dibangkitkan dari kematian. Itu dia. Seperti yang dikatakan Paulus kepada jemaat Korintus,
“Aku memutuskan untuk tidak mengetahui apa pun di antara kamu selain Yesus Kristus dan dia yang disalibkan [1 Korintus 2: 2] .
Paulus percaya bahwa Kristus telah melampaui identitas manusia fana-Nya untuk menjadi Anak sulung ciptaan baru, Adam kedua, dan dengan demikian manusia Yesus tidak ada lagi. Paulus lebih suka istilah "Kristus", menggunakannya lebih dari seratus lima puluh kali, hampir seolah-olah itu adalah nama baru yang tepat menggantikan Yesus.
Nama tunggal "Yesus" muncul hanya sebelas kali. Ini mencerminkan pandangannya bahwa wahyu yang telah diterimanya dari Kristus kosmik surgawi jauh lebih unggul daripada apa pun yang diterima siapa pun dari Yesus di bumi. Ini lebih lanjut tercermin oleh fakta bahwa Paulus jarang pernah secara langsung mengutip ajaran Yesus. Adalah mungkin, tetapi tidak pasti, bahwa ia menyinggung dua atau tiga perkataan Yesus, tetapi bahkan ini tidak pasti.
Ketika Yakobus mengutip Yesus, ia bahkan tidak pernah menyebutkan namanya, ia hanya meneruskan ajarannya. Mengutip sebuah pepatah, di mata James itu adalah pesan yang penting, bukan orang di balik pesan itu. Ini menimbulkan beberapa pertanyaan kunci tentang pandangannya tentang sifat dan tujuan Yesus. Dalam pengantar surat Yakobus ia berbicara kepada "dua belas suku Israel", namun ia tidak menyebutkan apa-apa tentang keTuhanan Yesus atau kematiannya di kayu salib.
Seandainya Yesus adalah makhluk ilahi, dan seandainya pesan aslinya dipusatkan pada kematian dan kebangkitannya sendiri - seperti yang Paulus khotbahkan - maka Yakobus pasti akan menyebutkannya kepada orang-orang Yahudi yang sedang ia bicarakan. Keyakinan seperti itu akan menjadi sangat penting untuk keselamatan mereka dan karenanya James tidak akan diam tentang hal-hal seperti itu.
3. Hukum Musa - mengikat atau mencabut?
Kekristenan masa kini dicirikan oleh pelanggaran hukumnya, dalam arti bahwa hukum Taurat yang semula diwahyukan kepada Musa tidak lagi terlihat mengikat para pengikut Yesus. Orang-orang Kristen percaya bahwa kedatangan Yesus menghapus perjanjian lama Musa, dengan semua ritual dan legalismenya, dan memberi jalan bagi perjanjian baru berdasarkan kematian Yesus di kayu salib. Ini sangat sesuai dengan ajaran Paulus tentang Hukum Musa:
"Sekarang, bagaimanapun, kita bebas dari Hukum, karena kita mati terhadap apa yang dulu menahan kita sebagai tahanan. Kita tidak lagi melayani dengan cara lama dari hukum tertulis, tetapi dengan cara baru dari Roh. [Roma 7: 6]
Tetapi sebelum saatnya untuk iman datang, Hukum membuat kita semua dikurung sebagai tahanan sampai iman yang akan datang ini harus dinyatakan. Dan demikianlah hukum Taurat berkuasa atas kita sampai Kristus datang, supaya kita kemudian dibenarkan dengan Allah melalui iman. Sekarang saatnya untuk iman ada di sini, Hukum tidak lagi bertanggung jawab atas kita. [Galatia 3: 23-25]
Kita dapat melihat bahwa di mata Paulus, kedatangan Yesus membebaskan orang-orang percaya - baik Yahudi maupun bukan Yahudi - dari keharusan untuk mengikuti Hukum Musa. Sebagai perbandingan, James mengajarkan sebaliknya. Dia menekankan kepatuhan pada Taurat, dengan semua ritual dan peraturannya. Yakobus dan para penatua lainnya di Yerusalem membual kepada Paulus bahwa mereka adalah kepala ribuan orang percaya yang “bersemangat untuk Hukum Musa”:
Keesokan harinya, Paul dan kami semua pergi menemui James, dan semua penatua hadir. Paulus menyambut mereka dan melaporkan secara terperinci apa yang telah Allah lakukan di antara bangsa-bangsa lain melalui pelayanannya. Ketika mereka mendengar ini, mereka memuji Tuhan. Lalu mereka berkata kepada Paulus, "Kamu tahu, saudara, berapa ribu orang Yahudi telah percaya, dan mereka semua bersemangat untuk hukum Taurat." [Kisah 21: 18-20]
Kita tidak perlu heran bahwa begitu banyak orang percaya yang taat kepada Hukum Musa. James, yang kita lihat senior dalam kepemimpinan dan karena itu akan sangat berpengaruh, adalah dirinya sendiri yang taat. Dia mengajarkan bahwa melanggar hanya satu bagian saja sama dengan menghancurkan semuanya:
"Jika Anda benar-benar menaati hukum kerajaan yang ditemukan dalam Alkitab, “Cintailah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri,” Anda melakukan hal yang benar. Tetapi jika Anda menunjukkan sikap pilih kasih, Anda berdosa dan dihukum oleh hukum sebagai pelanggar hukum. Karena siapa pun yang mematuhi seluruh hukum dan tersandung pada satu titik saja bersalah karena melanggar semuanya. Karena dia yang berkata, "Jangan berzinah," juga berkata, "Jangan membunuh." Jika Anda tidak melakukan perzinaan tetapi melakukan pembunuhan, Anda telah menjadi pelanggar hukum.
[Yakobus 2: 8-11]
Dalam insiden berikut, desas-desus telah mencapai Yerusalem bahwa Paulus memberi tahu para pengikut Yahudi tentang Yesus untuk mengabaikan Hukum Musa. Kisah Para Rasul mencatat Yakobus berbicara kepada Paulus:
Mereka telah diberi tahu bahwa Anda mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara orang-orang bukan Yahudi untuk berpaling dari Musa, mengatakan kepada mereka untuk tidak menyunat anak-anak mereka atau hidup sesuai dengan kebiasaan kami. [Kisah 21: 20-21]
Perhatikan bahwa Yakobus merujuk pada ritual sunat sebagai “kebiasaan kita”, yang menyiratkan bahwa mereka mempraktikkan Hukum Musa. Yakobus dan para penatua lainnya di Yerusalem ingin menghilangkan rumor ini, sehingga mereka memerintahkan Paulus untuk melakukan ritual publik di Bait Suci Yerusalem untuk membuktikan kepatuhannya terhadap Hukum Musa:
Apa yang harus kita lakukan? Mereka pasti akan mendengar bahwa Anda telah datang, jadi lakukan apa yang kami katakan kepada Anda. Ada empat pria bersama kami yang telah bersumpah. Ambillah orang-orang ini, bergabunglah dalam upacara penyucian mereka dan bayar pengeluaran mereka, sehingga mereka dapat mencukur rambut mereka. Maka semua orang akan tahu tidak ada kebenaran dalam laporan ini tentang Anda, tetapi Anda sendiri hidup dalam kepatuhan pada hukum. [Kisah 21: 22-24]
Kita dapat melihat bahwa Yakobus dan para penatua lainnya adalah pelindung Hukum Musa dan bertindak tegas untuk meyakinkan para pengikut Yahudi tentang Yesus bahwa Paulus juga taat kepadanya. Singkatnya, kita telah melihat bahwa Paulus memiliki perspektif yang sangat berbeda tentang keabsahan Hukum Musa dibandingkan dengan Yakobus dan para penatua lainnya. Ini menimbulkan pertanyaan kunci tentang nilai keselamatan penyaliban. Seandainya kematian Yesus menjadi pusat keselamatan, seperti yang Paulus khotbahkan, maka tidak akan ada kebutuhan bagi para pengikut Yahudi dari Yesus untuk mematuhi Hukum Musa.
Prioritas utama bagi James adalah kepatuhan yang ketat terhadap Hukum Musa, bukan bergantung pada penyaliban. Anehnya, Yakobus tidak pernah sekalipun menyebutkan penyaliban Yesus, jadi mungkin saja ia tidak pernah percaya bahwa penyaliban itu terjadi, atau (paling tidak) tidak penting dalam skema besar segala sesuatu. Di mata Yakobus dan para penatua Yerusalem lainnya, Hukum Musa masih merupakan pusat iman seseorang, seperti yang selalu terjadi sejak zaman Musa.
4. Hukum Musa - Berkat atau kutukan?
Kekristenan dewasa ini tidak mencari atau mengharapkan untuk mendapatkan berkat apa pun dengan melakukan ritual Hukum Musa. Ini adalah teologi Paulus, yang sepanjang tulisannya mengambil pandangan yang sangat negatif tentang Hukum Musa.
Paulus menggambarkan Hukum Musa sebagai kutukan, yang membawa kematian dan murka, dan bahkan lebih jauh menyamakan upaya-upaya sebelumnya dalam mengejarnya sebagai “kotoran” [Galatia 3:10] [2 Korintus 3:6] [Roma 4:15] [Flipi 3:8]
James, sebaliknya, memiliki pandangan yang sangat berbeda:
Tetapi siapa pun yang melihat dengan seksama ke dalam hukum sempurna yang memberikan kebebasan, dan melanjutkan di dalamnya — tidak melupakan apa yang telah mereka dengar, tetapi melakukannya — mereka akan diberkati dengan apa yang mereka lakukan. [Yakobus 1:25]
Seperti dapat dilihat di atas, Yakobus menganggap Hukum Musa sebagai "sempurna", "memberi kebebasan" dan memberikan "berkat" kepada mereka yang bertindak berdasarkan pengetahuan mereka tentang hukum itu.
Kita dapat melihat bahwa menurut Perjanjian Lama, ketaatan pada Hukum Musa dikatakan membuat seseorang “makmur” dan akan menyebabkan Allah “menyenangkan” orang-orang yang mengikutinya. Ajaran Yakobus sangat konsisten dengan apa yang Allah nyatakan sebelumnya, sedangkan Paulus berselisih. Ini bukan satu-satunya kesempatan ketika Paulus benar-benar bertentangan dengan Perjanjian Lama.
Menurut Paulus dalam Roma 3:19-20, tujuan Hukum Musa tampaknya membuat manusia menyadari bahwa ia bersalah di hadapan Allah. Dengan kata lain, itu untuk membuktikan kepada kita bahwa itu tidak mungkin dipertahankan.
Masalah dengan klaim ini adalah bahwa Perjanjian Lama menyatakan bahwa Hukum Musa tidak sulit untuk diikuti, dan bahwa tujuan Allah untuk menyatakannya adalah agar manusia mempraktikkannya:
Sekarang apa yang saya perintahkan kepada Anda hari ini tidak terlalu sulit bagi Anda atau di luar jangkauan Anda. Itu tidak ada di surga, sehingga Anda harus bertanya, "Siapa yang akan naik ke surga untuk mendapatkannya dan memberitakannya kepada kami agar kami dapat mematuhinya?" Juga bukan di seberang lautan, sehingga Anda harus bertanya, "Siapa yang akan menyeberangi lautan untuk mendapatkannya dan menyatakannya kepada kami agar kami dapat mematuhinya?" Tidak, kata itu sangat dekat dengan Anda; itu ada di mulut dan hatimu sehingga kamu bisa mematuhinya. [Ulangan 30: 11-14]
5. Status orang percaya bukan Yahudi?
Kekristenan dewasa ini tidak membedakan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi (non-Yahudi), semua orang yang percaya kepada Yesus bersatu dan sejajar. Ini menggemakan Paulus yang mengajarkan bahwa kedatangan Yesus meniadakan perbedaan yang ada sebelumnya:
Tidak ada orang Yahudi atau orang bukan Yahudi, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki dan perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
[Galatia 3:28]
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu jauh telah dibawa dekat oleh darah Kristus. Karena dia sendiri adalah kedamaian kita, yang telah menjadikan kedua kelompok itu satu dan telah menghancurkan penghalang, tembok pemisah permusuhan, dengan menyisihkan dalam dagingnya hukum dengan perintah dan peraturannya. Tujuannya adalah untuk menciptakan dalam dirinya sendiri satu manusia baru dari keduanya, sehingga berdamai, dan dalam satu tubuh untuk mendamaikan keduanya dengan Allah melalui salib, yang dengannya dia mematikan permusuhan mereka.
[Efesus 2: 13-16]
Menurut Paulus tidak ada lagi perbedaan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Namun demikian, Yakobus memiliki pandangan yang sangat berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Pertimbangkan insiden Dewan Yerusalem dalam Kisah Para Rasul. Kontroversi muncul sehubungan dengan pertanyaan apakah orang yang bertobat harus mengikuti Hukum Musa dengan disunat. Paulus pergi ke Yerusalem untuk bertemu dengan para rasul dan penatua dan membahas masalah ini.
Pendapat yang berbeda diajukan, dengan beberapa mengambil pandangan yang ketat bahwa orang bukan Yahudi harus mengikuti seluruh Hukum Taurat, dan yang lain pandangan yang lunak bahwa tidak ada yang perlu diikuti. Yakobus yang mengucapkan penghakiman definitif:
Oleh karena itu, penilaian saya adalah bahwa kita hendaknya tidak mempersulit orang-orang bukan Israel yang berbalik kepada Allah. Sebagai gantinya kita harus menulis kepada mereka, menyuruh mereka untuk menjauhkan diri dari makanan yang tercemar oleh berhala, dari percabulan, dari daging hewan tercekik dan dari darah. Karena hukum Musa telah dikhotbahkan di setiap kota sejak awal dan dibaca di rumah-rumah ibadat pada setiap Sabat.
[Kisah 15: 19-21]
James (Yakobus) menetapkan bahwa orang-orang percaya non-Yahudi harus mematuhi empat aspek Hukum Musa. Dalam melakukan hal ini, Yakobus menciptakan gerakan Yesus dua tingkat, salah satu dari orang-orang percaya Yahudi yang taat kepada seluruh Hukum Musa, seperti dirinya dan seluruh jemaat Yerusalem, dan yang lain dari orang-orang percaya non-Yahudi yang hanya perlu mengikuti beberapa aspek dari Hukum Musa.
Orang Kristen mungkin berpikir bahwa perpecahan ini bersifat sementara, tetapi ini tidak berarti demikian. Kemudian menjelang akhir hidupnya, Paulus, mengunjungi Yakobus untuk kedua kalinya di Yerusalem, dan Yakobus menegaskan kembali bahwa dekrit sebelumnya di Dewan Yerusalem masih mengikat orang-orang percaya non-Yahudi:
Mengenai orang percaya bukan Yahudi, kami telah menulis kepada mereka keputusan kami bahwa mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging hewan yang dicekik dan dari percabulan. [Kisah 21:25]
Kesimpulan
Yakobus saudara Yesus memegang posisi yang sangat senior dalam gerakan Yesus awal, yang berpengaruh bahkan di antara para rasul. Kita juga telah melihat bahwa ada perbedaan besar dalam teologi antara Yakobus dan Kristen modern, yang memperoleh doktrinnya terutama dari Paulus.
Mengingat pentingnya James, dan mengingat keyakinan dan praktiknya yang berbeda, mengejutkan bahwa ia sebagian besar tidak dikenal di kalangan orang Kristen saat ini. Kita sekarang akan melihat bahwa ketidakjelasan ini tidak disengaja. Yakobus hanya memiliki satu surat kecil di seluruh Perjanjian Baru. Ketika orang-orang Kristen mulai mengkanonisasi Perjanjian Baru pada abad keempat, surat tunggal Yakobus hampir ditinggalkan seluruhnya karena statusnya dipertanyakan.
Itu tidak termasuk dalam Fragmen Muratori, daftar paling awal dari buku-buku Perjanjian Baru yang diterima sebagai kitab suci di Roma pada akhir abad kedua. Itu akhirnya dijadikan bagian dari kanon Perjanjian Baru dari tulisan suci bukan karena isinya menyenangkan hati para teolog Gereja kemudian, tetapi karena itu mengandung nama Yakobus, saudara Yesus.
Sebagai perbandingan, Paulus mendominasi halaman-halaman Perjanjian Baru, dengan 13 dari 27 bukunya yang dikaitkan dengannya. Jadi, sekitar setengah dari Perjanjian Baru berasal dari Paulus. Ini menunjukkan betapa tidak seimbangnya Yakobus dan Paulus pada saat Perjanjian Baru dikanonisasi. Ini aneh, mengingat apa yang kita ketahui tentang pentingnya Yakobus di antara para rasul, dan senioritasnya di atas Paulus.
Baca juga: Paulus Rasul Palsu - Kebohongan Paulus
Cara Yakobus disajikan dalam Perjanjian Baru juga sangat aneh. Keempat Injil yang merupakan awal Perjanjian Baru jarang menyebutkannya. Ketika mereka menyebut-nyebutnya, itu hanya lewat, dengan Yakobus dinyatakan sebagai saudara Yesus. Tidak ada informasi atau detail lain yang disediakan. Setelah Injil datang, Kisah Para Rasul, yang seharusnya menjadi sejarah dari tindakan para rasul. Pertama kali Yakobus disebutkan namanya dalam Kisah Para Rasul adalah dalam pasal 15 di mana ia secara misterius disajikan sebagai pemimpin yang tidak perlu di Dewan Yerusalem 20 tahun setelah kenaikan Yesus.
James tiba-tiba muncul entah dari mana, tanpa perkenalan resmi, dan ia memberikan keputusan seperti hakim yang memimpin pengadilan hukum Yahudi. Yakobus berubah dari hampir tidak disebutkan kepada pemimpin gerakan Yesus di Yerusalem. Kisah Para Rasul memiliki 24 pasal, begitu Paulus diperkenalkan dalam pasal 9, sisa buku ini sepenuhnya tentang Paulus. Bahkan Petrus mulai keluar dari gambar setelah pasal 12. Jadi, Kisah Para Rasul, yang diduga Kisah Para Rasul, akan lebih baik disebut "Kisah Paulus" ketika ia mendominasi itu.
Yakobus dalam bahasa Inggris adalah nama 'Iakobos' dalam bahasa Yunani yang merupakan nama 'Yakub' (Yaaqob) dalam bahasa Ibrani. Itu adalah nama yang sama dengan Perjanjian Lama, Nabi Yakub, cucu Abraham dan putra Ishak, digunakan ratusan kali di seluruh Alkitab, termasuk dalam Perjanjian Baru.
Misalnya, ketika Yesus menyebutkan nama "Abraham, Ishak, dan Yakub" dalam Perjanjian Baru, teks Yunani menggunakan kata 'Iakobos', yang diterjemahkan dengan jelas dan benar sebagai Yakub dalam bahasa Inggris (mis. Markus 12:26).
Namun kata yang sama, ketika digunakan untuk saudara laki-laki Yesus, menjadi Yakobus, bukan Yakub, James dalam bahasa Inggris. Tidak ada artinya linguistik untuk menerjemahkannya sebagai 'Yakobus', karena nama Inggris 'Yakobus' tidak ada secara kuno, dan nama Yunani jelas Yakub. Sayangnya, efeknya lebih dari masalah gaya. Menyebut saudara lelaki Yesus, Yakobus, memisahkan dan mengisolasinya dari lingkungan Yahudi. Ini hanya berfungsi untuk semakin menjauhkan orang-orang Kristen dari pesan Yakobus, yang seperti telah kita lihat berakar dalam dalam Alkitab Ibrani dan budaya Yahudi.
Dalam Perjanjian Baru Yakobus mendukung Hukum Musa, dan mengingat bahwa para rasul adalah pendukung Yakobus, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa mereka semua setia kepada ajaran Yesus yang juga mengajarkan ketaatan kepada Hukum Musa, sama seperti Alquran sebuah klaim. Kita juga telah melihat bahwa fokus dari pesan Yakobus adalah ajaran Yesus, bukan pribadi Yesus. Yakobus tidak tertarik pada siapa Yesus itu, tetapi apa yang Yesus ajarkan. Jika Yesus adalah makhluk ilahi maka Yakobus pasti akan menyebutkannya, tetapi ia tidak pernah melakukannya.
Pada abad-abad setelah Yesus, suara Yakobus secara perlahan diredam dan sebagian besar menghilang dari pandangan. Namun, sudut pandangnya tentang Yesus, tertanam dalam Perjanjian Baru, dan masih bisa didengar, jika orang memperhatikan dengan seksama. Ironi utama adalah kemungkinan bahwa suara ini, yang telah ditenggelamkan oleh Paul, mungkin mewakili sesuatu yang lebih dekat dengan pesan Yesus daripada melakukan ajaran agama Kristen.
Bagaimana seseorang berurusan dengan kontradiksi teologis antara Yakobus dan Paulus pada akhirnya bersandar pada nilai apa yang seseorang tempatkan pada dugaan penglihatan-penglihatan Paulus tentang Yesus. Adalah satu hal untuk mencoba dan memulihkan kehidupan dan ajaran Yesus dan para pengikut-Nya yang paling awal menggunakan metode historis, seperti yang telah kita lakukan dalam artikel ini. Adalah hal lain untuk memasuki dunia interpretasi teologis Paulus tentang Kristus kosmik surgawi.
Terlepas dari bagaimana seseorang mengevaluasi "Injil" Paulus, tetap saja fakta bahwa apa yang Paulus beritakan sepenuhnya didasarkan pada klaimnya sendiri akan pengalaman mistik, sedangkan Yakobus dan rasul-rasul aslinya telah menghabiskan banyak waktu bersama Yesus selama kehidupannya di bumi.
Referensi:
Diterjemahkan dari Artikel:
ManyPropetsOneMessage.com - James the Forgotten brother of Jesus